Sukses

Kisah Pria Bertahan Hidup 3 Pekan Lebih di Belantara Alaska, Selamat Berkat SOS

Seorang lelaki berhasil bertahan lebih dari tiga minggu di hutan belantara Alaska setelah wisma terpencilnya terbakar habis.

Liputan6.com, Amerika Serikat - Seorang pria berhasil bertahan lebih dari tiga pekan di hutan belantara Alaska setelah wisma terpencilnya terbakar habis. Ia diselamatkan pekan lalu oleh polisi yang melihat sinyal "SOS" tertera di salju.

Polisi Negara Bagian Alaska mengatakan dalam rilis berita bahwa Tyson Steele yang berusia 30 tahun ditemukan Kamis 9 Januari di salah satu tempat penampungan sementara di wisma terpencilnya sekitar 20 mil di luar Skwentna, yang terletak sekitar 70 mil barat laut Anchorage.

Para petugas sedang melakukan pemeriksaan keadaan Steele setelah dia tidak terdengar dari selama "beberapa minggu" ketika mereka tiba di helikopter di daerah terpencil dan menemukan seorang 30 tahun melambaikan tangan untuk bantuan. Tulisan "SOS" terpampang di salju, demikian dilaporkan Fox News

"Rambut Steele sebahu, berwarna cokelat kemerahan di dekat akar yang memudar menjadi pirang keemasan di dekat ujungnya yang berjumbai, menggantung kusut dan seperti gimbal di lehernya. Jenggotnya yang cokelat kemerahan mengalir tidak terpotong ke dadanya," tulis Polisi Alaska, Ken Marsh dalam sebuah laporan.

"Penampilan itu membuatnya tampak samar-samar seperti aktor Tom Hanks dalam film Cast Away."

Polisi negara bagian mengatakan, Steele telah berada di penampungan darurat sejak 17 atau 18 Desember, ketika atap wisma terpencilnya terbakar setelah dia membakar "sepotong kardus besar" di kompor kayu miliknya. Dia percaya percikan dari kardus itu yang akhirnya membakar atap kabin tempat dia tinggal sendirian sejak September.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berusaha Padamkan Api

Ketika menceritakan peristiwa itu kepada polisi, Steele mengatakan dia berhasil mengambil beberapa persediaan dari kabinnya yang terbakar, tetapi sebagian besar harta miliknya, termasuk anjingnya, bernama Phil, yang berusia enam tahun, tidak berhasil.

"Api itu adalah api yang besar, besar sekali. Setiap sekop salju saya lemparkan ke atasnya - Saya histeris mencoba memadamkannya dan tapi itu tidak menghasilkan apa-apa," kata Steele kepada polisi negara bagian. "Dan aku bekerja sampai pagi dan mencoba memadamkan berbagai bagian api."

Pada pertengahan Desember api telah membuatnya tidak bisa berkomunikasi, Steele mengatakan kepada polisi. Selain memiliki telepon yang tidak berfungsi dan tidak ada peta, pria berusia 30 tahun itu berada di lokasi yang hanya ada hutan, bukit, sungai, dan danau yang jauhnya bermil-mil dari sistem jalan.

"Dia tidak punya mesin salju. Dan tetangga terdekatnya berada 20 mil jauhnya, di komunitas kecil Skwentna," Marsh mencatat, "Satu-satunya cara Steele masuk atau keluar dari hutan belantara adalah dengan charter udara."

Pria berusia 30 tahun itu mengatakan dia khawatir jika mencoba melakukan perjalanan dan jatuh melalui sungai-sungai yang belum membeku. Sepatu saljunya telah terbakar dalam kobaran api, dan dia hanya memiliki sepatu bot dan "kaus kaki jelek yang penuh lubang" untuk berjalan melalui kaki salju.

"Saya punya lampu utama yang menyala selama mungkin 10 atau 11 hari, tetapi saya hanya punya baterai yang ada di sana," kata Steele kepada polisi negara bagian. "Jadi, aku kehabisan cahaya."

Steele mengatakan sepanjang waktu ia tetap berharap bahwa seseorang akan menghubungi layanan udara untuk mencarinya.

3 dari 3 halaman

Cara Steele Bertahan Hidup

Dua malam pertama setelah kobaran api Steele habiskan waktu di gua salju sebelum ia mampu mengumpulkan tempat berlindung sementara dari sisa gubuknya yang sekarang terbakar, dan mengumpulkan terpal dan kayu bekas untuk membangun tempat penampungan seperti tenda di sekitar tungku kayu.

“Begitu saya membangun hunian kedua, saya terus menyalakan api di atas tungku kayu. Dan pada dasarnya saya menggunakannya untuk memanaskan makanan saya,” katanya kepada polisi.

Steele berhasil menyelamatkan satu set terusan tua berlumuran arang dari gudang setelah api membakar rumahnya, karena semua pakaian yang dia miliki selain yang dia kenakan hilang, dalam kobaran api. Dia juga menjatah sekitar 30 hari makanan yang bisa dia selamatkan karena banyak yang meleleh atau hancur di dalam api.

“Saya alergi nanas,” katanya kepada Fox 13 pada hari Sabtu setelah pulang ke rumah keluarganya di Utah. “Tapi Aku tetap memakannya karena itulah yang kumiliki.”

Di antara enda-benda yang terbakar di dalam kabin, ada semua peluru Steele yang ditempatkan di dalam kotak amunisi yang meledak dan seperti “zona perang” selama kebakaran.

Berbicara kepada Fox 13 pada hari Sabtu, pria berusia 30 tahun itu mengatakan dia bersyukur semua pelurunya hilang sehingga itu tidak menjadi “godaan” untuk mengakhiri hidupnya ketika dia berpikir dia mungkin tidak akan bisa bertahan hidup di hutan belantara.

“Itu adalah pemikiran yang sangat nyata yang merangkak naik hampir setiap hari, terutama di malam yang sangat dingin,” kata Steele, Sabtu.

Pasukan Negara Bagian Alaska mengatakan ketika pria berusia 30 tahun itu ditemukan saat pemeriksaan kesejahteraan pada 9 Januari, ia diangkut dengan helikopter Polisi Negara Bagian Alaska di Lake Hood.

“Pakaiannya berbau asap dan tangannya kapalan, kasar, dan ternoda abu,” tulis Marsh. “Meskipun demikian, dia tampak sehat secara keseluruhan dan energik ketika dia menyantap secangkir kopi McDonald. Dia tampak senang berbicara, dan tentu saja ia telah bertahan 22 atau 23 hari di hutan belantara.”

Steele mengatakan kepada polisi tentang rencananya untuk saat ini adalah pergi ke Salt Lake City bersama keluarganya sebelum akhirnya kembali ke Alaska.

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.