Sukses

Ada Planet dari Berlian, Ini 17 Fakta Menarik Soal Angkasa Luar

Liputan6.com, Jakarta - Ruang angkasa itu luar biasa. Luasnya, bersama dengan triliunan benda di miliaran galaksi alam semesta hampir tidak dapat dipahami oleh otak manusia.

Mengutip ThePlanet.org, fakta terbaru yang paling luar biasa dan menakjubkan dipaparkan. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Angkasa Luar itu Sunyi

Tidak ada atmosfer di ruang angkasa, yang berarti bahwa suara tidak memiliki media atau cara untuk melakukan perjalanan untuk didengar. Astronot menggunakan radio untuk tetap dapat berkomunikasi saat berada di luar angkasa, karena gelombang radio masih bisa dikirim dan diterima.

2. Planet Terpanas di Sistem Surya Kami Adalah 450 ° C.

Venus adalah planet terpanas di tata surya dan memiliki suhu permukaan rata-rata sekitar 450 derajat Celcius. Menariknya, Venus bukanlah planet terdekat dengan Matahari - Merkurius lebih dekat tetapi karena tak memiliki atmosfer untuk mengatur suhu, fluktuasi suhu yang terjadi sangat besar.

3. Mungkin Ada Kehidupan di Mars.

Dari semua planet di tata surya kita (terlepas dari Bumi), Mars adalah yang paling ramah terhadap kehidupan. Pada tahun 1986, NASA menemukan apa yang mereka pikir sebagai fosil makhluk hidup mikroskopis di sebuah batu yang ditemukan dari planet merah itu.

4. Tak Ada yang Tahu Sebanyak Apa Bintang di Ruang Angkasa.

Karena sangat luas, mustahil secara akurat memprediksi berapa banyak bintang yang ada di Ruang Angkasa.

Saat ini, para ilmuwan dan astronom menggunakan jumlah bintang hanya di galaksi kita, Bimasakti, untuk memperkirakan jumlahnya. Jumlah itu antara 200-400 miliar bintang dan diperkirakan ada miliaran galaksi sehingga bintang-bintang di ruang angkasa benar-benar tak terhitung.

5. Komet Halleys Tak akan Kembali Mengorbit Sampai 2061.

Ditemukan pada tahun 1705 oleh Edmond Halley, komet yang terkenal itu terakhir kali terlihat pada tahun 1986 dan hanya terlihat sekali setiap 75 hingga 76 tahun.

2 dari 3 halaman

Kostum Astronot Berharga Fantastis hingga Planet Terbuat dari Berlian

6. Kostum Ruang Angkasa Lengkap Seharga $ 12.000.000.

Sepaket kostum angkasa luar harganya mencapai US$ 12 juta atau sekitar Rp 166 miliar. 70% dari biaya itu untuk ransel dan modul kontrol.

7. Bintang Neutron Dapat berputar 600 kali per detik.

Bintang-bintang neutron adalah bintang-bintang yang paling padat dan terkecil di alam semesta yang diketahui, dan meskipun mereka hanya memiliki diameter sekitar 10 km (6 mil), mereka mungkin memiliki massa beberapa kali massa Matahari.

Mereka juga dapat berputar hingga 60 kali per detik setelah lahir dari ledakan bintang supernova. Sejauh ini telah diketahui berputar secepat 600-712 kali per detik.

8. Mungkin Saja Ada Planet Terbuat dari Berlian.

Penelitian oleh para ilmuwan Universitas Yale menunjukkan bahwa planet berbatu bernama 55 Cancri e - yang memiliki radius dua kali Bumi, dan massa delapan kali lebih besar - mungkin memiliki permukaan yang terbuat dari grafit dan berlian.

Jaraknya 40 tahun cahaya tetapi terlihat dengan mata telanjang di rasi bintang Cancer.

9. Jejak di Bulan Akan Terlihat Hingga 100 Juta Tahun.

Bulan tidak memiliki atmosfer, yang berarti tidak ada angin untuk mengikis permukaan dan tidak ada air untuk membersihkan jejak kaki.

Ini berarti jejak kaki para astronot Apollo, bersama dengan jejak pesawat ruang angkasa, jalur kendaraan rover dan material yang dibuang, akan ada di sana selama jutaan tahun.

10. Satu Hari di Venus Lebih Lama dari Satu Tahun

Venus memiliki rotasi sumbu lambat yang membutuhkan 243 hari Bumi untuk menyelesaikan harinya.

Orbit Venus di sekitar Matahari adalah 225 hari Bumi, menghasilkan satu tahun di Venus 18 hari lebih sedikit dari satu hari di Venus.

11. Dalam 3,75 Miliar Tahun, Galaksi Bima Sakti dan Andromeda Akan Bertabrakan.

Galaksi Andromeda mendekati Bimasakti - tempat tata surya kita - dengan kecepatan sekitar 110 kilometer per detik (68 mil / detik) dan akhirnya keduanya akan bertabrakan untuk membentuk galaksi elips raksasa.

3 dari 3 halaman

Ada Air hingga Gunung Api

12. Jika Dua Jenis Metal yang Sama Bersentuhan di Angkasa Luar, Akan Bersatu Secara Permanen.

Fakta yang luar biasa ini juga dikenal sebagai cold welding dan itu terjadi karena atom dari dua keping logam tidak memiliki cara untuk memisahkan diri. Ini tidak terjadi di Bumi karena udara dan air yang ditemukan di antara potongan-potongan.

13. Ada Air di Angkasa Luar

Para astronom telah menemukan awan uap air masif yang menampung 140 triliun kali massa air di lautan di suatu tempat sekitar 10 miliar tahun cahaya jauhnya - menjadikannya penemuan air terbesar yang pernah ditemukan.

14. Asteroid Terkenal dan Terbesar Sebesar 965 KM (600 MI).

Ditemukan oleh astronom Italia Giuseppe Piazzi pada 1801, planet kerdil Ceres adalah objek pertama, dan terbesar, yang dianggap sebagai asteroid. Itu terletak di Sabuk Asteroid antara orbit Mars dan Jupiter, menyumbang 33% dari seluruh massa sabuk.

15. Bulan Dahulunya Adalah Bagian Bumi

Teorinya adalah bahwa ketika Bumi adalah sebuah planet yang relatif muda, ia dikejutkan oleh benda raksasa dan tabrakan ini menghancurkan sepotong Bumi untuk membuat bulan. Bagian ini kemudian mulai mengorbit bumi sebagai hasil dari tarikan gravitasi.

16. Massa Matahari Mengambil 99,86% dari Sistem Tata Surya

Terbuat dari tiga perempat hidrogen dan helium untuk sebagian besar massa yang tersisa, Matahari menyumbang 99,86% dari massa di tata surya kita, dengan massa sekitar 330.000 kali massa Bumi.

17. Ada Gunung Api di Mars, Tiga Kali Lebih Besar dari Gunung Everest

Dengan lebar 600 km dan tinggi 21 km, Olympus Mons adalah gunung berapi di Mars yang mungkin masih aktif, menurut para ilmuwan. Ini adalah puncak tertinggi dari planet mana pun

Namun, puncak pusat Rheasilvia di Asteroid Vesta lebih tinggi 22 km.

Loading