Sukses

Dari London hingga Indonesia, Begini Suasana Malam Tahun Baru di Berbagai Negara

Perayaan malam tahun baru 2020 berlangsung meriah di sejumlah negara.

Liputan6.com, Jakarta Perayaan malam tahun baru 2020 berlangsung meriah di sejumlah negara. Orang-orang bersuka ria mengucapkan selamat tinggal pada satu dekade yang akan diingat sebagai kebangkitan media sosial, Musim Semi Arab, gerakan #MeToo dan Donald Trump.

Berikut ini momen malam pergantian tahun baru dari sejumlah negara di dunia, seperti dilansir AP, Rabu (1/1/2020):

1. London, Inggris

Warga London menyaksikan pertunjukan kembang api yang spektakuler dari tepi Sungai Thames yang diluncurkan dari London Eye dan tongkang di dekat Parlemen.

Lonceng menara jam Big Ben London pun berdentang menyambut 2020. Padahal, Big Ben lebih banyak hening sepanjang 2019 karena pekerjaan restorasi.

Di utara, perayaan Tahun Baru Hogmanay multi-hari di Edinburgh dimulai dengan parade obor melalui jalan-jalan di ibukota Skotlandia.

Keamanan ketat di kedua kota dan di tempat lain di Inggris setelah serangan ekstremis baru-baru ini di London Bridge yang merenggut dua nyawa. Polisi menangkap lima orang karena dicurigai melakukan pelanggaran terorisme pada Senin, tetapi mengatakan penangkapan itu tidak terkait dengan serangan Jembatan London atau perayaan malam tahun baru.

2. Australia

Lebih dari satu juta orang turun ke Sydney Harbour yang berkabut dan daerah sekitarnya untuk merayakan tahun baru, meskipun krisis kebakaran sedang melanda New South Wales, negara bagian terpadat di Australia.

Kembang api di atas landmark Sydney yang ikonik sempat tertunda karena angin kencang.

New South Wales mengalami kerusakan akibat kebakaran hutan, yang telah merobohkan lebih dari 1.000 rumah di seluruh negeri dan menewaskan 12 orang dalam beberapa bulan terakhir.

3. Roma, Italia

Paus Fransiskus menyenangkan para turis dan Romawi di Lapangan Santo Petrus pada Selasa malam ketika dia berjalan-jalan untuk mengagumi pemandangan Natal. Teriakan "Paus! Paus!" dan "Selamat Tahun Baru!" bergema ketika sejumlah keluarga bergegas mendorong bayi mereka dengan harapan Paus akan menepuk kepalanya atau mencubit pipi babyi.

Seorang wanita meraih tangan paus dan menariknya ke arahnya untuk menjabatnya. Paus Fransiskus berseru dan kemudian memukul tangan wanita itu dua kali untuk membebaskan tangannya.

Pada kebaktian Malam Tahun Baru Vesper di Basilika Santo Petrus, Fransiskus mendesak orang-orang untuk mempraktikkan lebih banyak solidaritas dan untuk "membangun jembatan, bukan tembok." Sejak menjadi paus pada tahun 2013, Fransiskus telah mengkhotbahkan keterbukaan - sebuah agenda berpikiran reformasi yang telah menjengkelkan suatu kelompok ultra-konservatif kecil tapi vokal di gereja.

4. Hong Kong

Orang-orang yang bersuka ria dan pengunjuk rasa pro-demokrasi berbondong-bondong ke berbagai lokasi di seluruh Hong Kong untuk menyambut 2020.

Kota Cina semi-otonom telah melunakkan perayaan Tahun Baru di tengah demonstrasi berbulan-bulan. Protes telah berulang kali memicu pertempuran sengit dengan polisi dan telah mengambil korban mereka pada kehidupan malam dan industri perjalanan Hong Kong.

Sebuah pertunjukan kembang api yang secara tradisional menyalakan Victoria Harbour yang terkenal dibatalkan di tengah masalah keamanan, sementara beberapa jalan ditutup dan rintangan didirikan di distrik kehidupan malam Lan Kwai Fong untuk mengendalikan keramaian.

5. Rusia

Rusia memulai Malam Tahun Baru terpanjang di dunia dengan kembang api. Dalam siaran pidato singkat di televisi tepat sebelum tengah malam, Presiden Vladimir Putin meminta rakyatnya bekerja sama di tahun mendatang.

Pesan itu direkam diikuti dengan gambar Jam Kremlin dan suara loncengnya. TV pemerintah memperlihatkan cuplikan kembang api meriah yang luas di kota-kota di Timur Jauh.

Tapi satu tradisi liburan hilang di Moskow tahun ini - lapisan salju yang indah. Ibukota Rusia mengalami bulan Desember yang hangat dan suhu di pusat kota Moskow ketika tengah malam mendekati tepat di atas titik beku.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6. Paris, Prancis

 

Kerumunan orang Paris dan turis yang penuh sukacita berjalan, bersepeda dan menggunakan skuter untuk mencapai Champs-Elysees untuk perayaan tahun baru, di kota yang hampir tidak memiliki angkutan umum di tengah serangan besar-besaran.

Para pengunjung berkumpul di jalan yang terkenal untuk menyaksikan pertunjukan cahaya di Arc de Triomphe, diikuti dengan pertunjukan kembang api di tengah malam. Polisi Paris menetapkan batas keamanan di sekitar area Champs-Elysees dengan larangan alkohol dan pembatasan lalu lintas.

Semua jalur metro di ibu kota Perancis ditutup kecuali untuk dua jalur otomatis, dan hanya beberapa bus malam yang beroperasi, karena Selasa menandai pemogokan transportasi ke 27 hari berturut-turut terhadap rencana Presiden Emmanuel Macron untuk merombak sistem pensiun Prancis.

 

7. Selandia Baru

Kota-kota besar Selandia Baru menyambut tahun baru dengan kembang api ketika negara itu tampak senang dilakukan dengan tahun tantangan, baik yang alami maupun buatan manusia.

Pada 15 Maret, seorang pria bersenjata teridentifikasi membunuh 51 orang dan melukai puluhan orang di dua masjid di kota Christchurch, Pulau Selatan. Pada bulan Desember, letusan Gunung Putih di lepas pantai timur Pulau Utara menewaskan sedikitnya 19 turis dan pemandu wisata.

8. Afrika Selatan

Ribuan orang yang bersuka ria berkumpul di daerah Waterfront Cape Town untuk berdering di tahun baru dengan musik, tarian, dan kembang api di depan Table Mountain yang ikonis di kota itu.

Dalam beberapa tahun terakhir, penghuni kawasan miskin Hillbrow Johannesburg akan merayakan Tahun Baru dengan melemparkan furnitur, peralatan, dan bahkan lemari es dari balkon gedung apartemen bertingkat tinggi. Polisi telah mengeluarkan peringatan keras, dan tampaknya tradisi berbahaya telah menurun.

Dalam sebuah pernyataan yang suram, Presiden Cyril Ramaphosa mengatakan, "Sementara ekonomi kita menciptakan lapangan kerja, ini belum cukup untuk menghentikan kenaikan pengangguran atau memperdalam kemiskinan."

Penyanyi Afrika Selatan Yvonne Chaka Chaka dideportasi dari Uganda, di mana ia akan tampil di acara Malam Tahun Baru. Polisi Uganda mengutip masalah visa, tetapi media Uganda melaporkan hal itu karena ia telah menyuarakan dukungan untuk bintang pop Uganda Bobi Wine, penantang oposisi paling potensial bagi Presiden Yoweri Museveni.

9. Uni Emirat Arab

Selama hampir 10 menit, kembang api menyinari langit Burj Khalifa Dubai, bangunan tertinggi di dunia, ketika ratusan ribu orang berkumpul di pusat kota untuk menyaksikan pertunjukan spektakuler.

Pertunjukan Malam Tahun Baru di gedung pencakar langit setinggi 828 meter (2.716 kaki) hanyalah salah satu dari tujuh pertunjukan kembang api yang berbeda di seluruh emirat. Turis, terutama dari Eropa dan Rusia, berbondong-bondong ke pantai Dubai yang cerah saat ini untuk melarikan diri dari musim dingin yang gelap dan dingin.

Untuk menjaga keamanan kerumunan massa, polisi menciptakan jalan setapak di sekitar menara Burj Khalifa untuk kelompok khusus pria untuk memisahkan mereka dari keluarga dan wanita.

Dubai tahun ini akan menjadi tuan rumah Expo 2020, sebuah pameran dunia yang menghadirkan teknologi paling mutakhir dan futuristik.

10. Jepang 

Orang-orang berbondong-bondong ke kuil-kuil dan tempat-tempat suci di Jepang, menawarkan dupa dengan doa-doa mereka untuk merayakan berlalunya tahun dan Tahun Baru pertama era Reiwa.

Di bawah kalender gaya lama Jepang, terkait dengan aturan kaisar, Reiwa dimulai pada Mei, setelah Kaisar Akihito mengundurkan diri dan putranya Naruhito menjadi kaisar. Meskipun Reiwa memasuki tahun kedua dengan 2020, 1 Januari masih menandai Tahun Baru pertama Reiwa, liburan paling penting di Jepang.

Kios-kios di Kuil Zojoji di Tokyo menjual anggur beras manis, mie goreng, dan manisan apel, serta jimat kecil berbentuk tikus, hewan zodiak untuk tahun 2020. Sejak Tahun Tikus dimulai zodiak Asia, ini terkait dengan permulaan lagi.

Tokyo akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2020, sebuah acara yang menciptakan banyak antisipasi untuk seluruh bangsa.

 

3 dari 3 halaman

11. Indonesia

Puluhan ribu orang yang bersuka ria di Ibu Bota Indonesia, Jakarta, meski hujan lebat mengguyur saat menunggu kembang api Malam Tahun Baru. Sementara di wilayah lain Indonesia, warganya tengah waspada terhadap gunung berapi aktif.

Peristiwa meriah di sepanjang wilayah pesisir dekat Selat Sunda dibasahi kemungkinan letusan Anak Krakatau, gunung berapi pulau yang meletus tahun lalu tepat sebelum Hari Natal, yang memicu tsunami yang menewaskan lebih dari 430 orang.

Badan vulkanologi negara itu telah memperingatkan penduduk setempat dan wisatawan untuk tinggal 2 kilometer (1,3 mil) dari kawah gunung berapi setelah letusan yang meledakkan abu dan puing-puing hingga 2.000 meter (6.560 kaki) ke udara.

12. Korea Selatan

Ribuan warga Korea Selatan memenuhi jalan-jalan pusat kota yang dingin di Seoul menjelang upacara lonceng tradisional di dekat Balai Kota untuk mengirim 2019 yang melelahkan yang disoroti skandal politik, membusuknya pasar kerja dan hancurnya diplomasi dengan Korea Utara.

Pejabat yang membunyikan bel Bosingak tua di tengah malam termasuk pitcher Baseball Liga Utama Korea Selatan Hyun-Jin Ryu dan Pengsoo, karakter penguin raksasa dengan suara kasar dan kepribadian tumpul yang muncul sebagai salah satu bintang TV terbesar di negara itu pada 2019.

13. Jerman

Ratusan ribu orang yang bersuka ria diperkirakan akan menelepon di Tahun Baru di depan Gerbang Brandenburg di Berlin.

Beberapa kota di Jerman termasuk Munich dan Hamburg telah melarang kembang api swasta di tengah kekhawatiran tentang bahaya dan dampak lingkungan dari kembang api yang semakin kuat. Sebuah jajak pendapat baru-baru ini oleh lembaga penelitian Forsa menemukan 59% orang Jerman akan mendukung larangan kembang api pribadi di pusat kota, sementara 37% menentang.

14. New York, AS

Pertunjukan tarian China, diselingi dengan teknik kembang api merah dan emas, akan mengantar sejumlah bintang di ekstravaganza Malam Tahun Baru enam jam di Times Square.

Kerumunan orang yang bersuka ria di jantung Manhattan akan menyaksikan bintang rap-pop Post Malone, grup K-pop BTS, penyanyi country Sam Hunt dan penyanyi-penulis lagu Alanis Morissette selama pesta jalanan besar.

Sementara pusing kemungkinan akan menang di acara televisi, beberapa masalah global yang penting akan dibawa pulang juga.

Para guru dan siswa sains sekolah menengah, yang menyoroti upaya-upaya untuk memerangi perubahan iklim, akan menekan tombol yang memulai penurunan dan penghitungan mundur bola yang terkenal selama 60 detik hingga tahun depan.

Lalu datanglah 3.000 pon (1.360 kilogram) confetti, disertai dengan lebih banyak teknik kembang api.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.