Sukses

7 Foto Menakjubkan dari Antariksa Sepanjang 2019

7 Foto Menakjubkan dari Antariksa pada 2019

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah misi antariksa berlangsung pada 2019. Dari misi itu tersaji beberapa foto menakjubkan  yang dimabil dari angkasa luar.

Inilah 7 foto menakjubkan dari antariksa sepanjang 2019 yang dikutip dari BBC, Selasa (31/12/2019):

1. Awan Jupiter

Awan Jupiter. (NASA/JPL-CALTECH/SWRI/MSSS/KEVIN M. GILL)

Wahana antariksa NASA, Juno, telah mengirimkan kembali gambar awan Jupiter yang menakjubkan sejak ia tiba di orbit di sekitar planet raksasa pada 2016. Tampilan menakjubkan yang ditingkatkan warna ini menunjukkan pola-pola yang terlihat seperti dibuat kertas marmer.

Gambar itu dikompilasi dari empat gambar terpisah yang diambil oleh pesawat ruang angkasa pada 29 Mei 2019.

Pada saat itu, Juno membuat jarak dekat dari dunia kelima dari Matahari, mendekati antara 18.600 km (11.600 mil) dan 8.600 km (5.400 mil) puncak awan yang berputar-putar.

Gambar menunjukkan awan yang berputar-putar yang mengelilingi fitur melingkar dalam wilayah aliran jet di Jupiter.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Manusia Salju

Setelah penjelajahan Pluto pada 2015, pesawat ruang angkasa New Horizons NASA dikirim setelah target berbeda di Sabuk Kuiper yang jauh, yang terletak di luar orbit Neptunus. Sabuk ini diisi oleh ribuan objek primitif dan es yang memberikan wawasan tentang awal Tata Surya kita.

Para ilmuwan menetap di sebuah objek bernama MU 69, yang baru ditemukan pada tahun 2014. MU 69 (kemudian disebut Ultima Thule, dan sekarang Arrokoth) ternyata merupakan "biner kontak" sepanjang 39 km, yang terdiri dari dua bola es berbeda yang bertabrakan dengan kecepatan rendah, hingga tampak mirip manusia salju. Warna kemerahan disebabkan senyawa organik yang disebut tholins di permukaan.

3 dari 7 halaman

3. Kembang Api Bintang

Eta Carinae adalah sistem bintang yang berjarak sekitar 7.500 tahun cahaya. Ini terdiri dari setidaknya dua bintang yang, jika dikombinasikan, memancarkan sekitar lima juta kali lebih banyak energi daripada Matahari kita.

Salah satu bintang telah melepaskan gas panas yang telah berkembang menjadi sepasang balon. Selama beberapa dekade, para astronom bertanya-tanya apakah itu berada di ambang kehancuran, dan akan meledak dalam supernova yang kejam. Gambar terbaru kembang api bintang ini dirilis 2019, dan diambil oleh Wide Field Camera 3 pada Hubble Space Telescope.

4 dari 7 halaman

4. Selfie Mars

Penjelajah Curiosity NASA telah menjelajahi Gale Crater di Mars sejak 2012. Robot itu mengambil "selfie" ini saat menjelajahi lereng Gunung Sharp.

Dua sampel batuan yang dibor dari situs ini menunjukkan jumlah mineral lempung yang sangat tinggi. Clay sering terbentuk di hadapan air, yang merupakan unsur utama kehidupan. Bukti sebelumnya menunjukkan bahwa air pernah menggenang di Kawah Gale.

5 dari 7 halaman

5. Sisi Jauh Bulan

Pada 3 Januari 2019, pesawat ruang angkasa Chang'e-4 China menjadi misi pertama untuk melakukan pendaratan lembut di sisi jauh Bulan. Beberapa hari setelah touchdown, kamera pada robot penjelajah dan pendaratnya diperintahkan untuk mengambil foto satu sama lain.

Wahana antariksa itu membawa kamera, sebuah radar untuk menyelidiki di bawah permukaan bulan, sebuah spektrometer untuk mengidentifikasi mineral dan percobaan hidup untuk menumbuhkan tanaman di biosfer mini. Pada Mei, para ilmuwan China melaporkan bahwa Chang'e-4 telah mengkonfirmasi gagasan yang telah lama ada tentang asal-usul kawah besar di sisi jauh Bulan tempat misi itu mendarat.

6 dari 7 halaman

6. Galaksi Spiral

Gambar yang diambil oleh teleskop Hubble ini menunjukkan galaksi spiral yang disebut NGC 772, yang terletak 130 juta tahun cahaya. NGC 772 memiliki banyak kesamaan dengan galaksi Bima Sakti.

Sebagai contoh, baik Bima Sakti dan NGC 772 memiliki galaksi satelit kecil, yang mengorbit galaksi induknya.

Namun, keduanya juga berbeda dalam beberapa cara utama. Sebagai contoh, NGC 772 tidak memiliki fitur pusat yang disebut bar, yang dibangun dari gas dan bintang-bintang dan diperkirakan membantu menyalurkan material melalui inti galaksi --mungkin memicu pembentukan bintang.

7 dari 7 halaman

7. Layar Surya

LightSail adalah proyek yang dikembangkan oleh organisasi nirlaba The Planetary Society. Tujuannya adalah untuk menunjukkan berlayarnya matahari di orbit rendah Bumi.

Layar surya adalah cara yang telah lama dibahas untuk mendorong pesawat ruang angkasa. Layar mengeksploitasi fakta bahwa sinar matahari memberi tekanan pada permukaan cermin. Secara teori, ini dapat digunakan untuk daya dorong dengan cara yang mirip dengan layar yang diterbangkan oleh angin.

LightSail 2 diluncurkan pada 25 Juni 2019. Gambar ini menunjukkan layar setelah penempatannya pada 23 Juli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.