Sukses

Topan Faxai Diprediksi Hantam Tokyo, Gelombang Tinggi Mengancam

Liputan6.com, Jakarta Topan kuat yang dapat membawa angin dan hujan akan melanda Tokyo pada Minggu (8/9/2019). Pihak berwenang pun memperingatkan adanya potensi gelombang tinggi, tanah longsor, dan banjir.

Menurut Badan Meteorologi Jepang, Topan Faxai yang mengepakkan angin hingga 216 km per jam ini diperkirakan mencapai daerah pantai dekat Tokyo pada jam-jam terakhir Minggu hingga Senin 9 September dinihari.

"Harap waspada penuh terhadap hembusan dan gelombang tinggi dan waspadai tanah longsor, banjir, dan sungai yang meluap," kata badan itu dalam sebuah pernyataan.

Pejabat Badan Meteorologi, Naoji Nakamura mengatakan, angin ribut disertai hujan bersejarah itu dapat terekam.

 

2 dari 3 halaman

Kereta hingga Pesawat Dibatalkan

Central Japan Railway Company akan membatalkan sekitar 50 kereta peluru yang menghubungkan Tokyo dengan kota-kota Jepang tengah dan barat, sementara feri yang beroperasi di Teluk Tokyo juga tak dioperasikan.

Sekitar 30 penerbangan pun akan ditunda hari itu dan beberapa jalan raya pantai ditutup di Kanagawa, sebelah barat Tokyo karena badai.

Faxai berputar di dekat pulau Hachijojima, selatan Tokyo di Pasifik, pada pukul 10.00 waktu setempat pada Minggu, melakukan perjalanan ke barat laut dengan kecepatan 30 km per jam dan sudah menghasilkan gelombang tinggi.

Topan kuat Krosa menyerang Jepang barat pada pertengahan Agustus, membawa angin kencang dan hujan lebat yang merenggut satu nyawa.

Pada akhir Agustus, hujan lebat menyebabkan tiga orang tewas ketika banjir besar juga melanda Jepang barat.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Buka Jakarta Kizuna Ekiden, Anies Harap Bisa Perkuat Hubungan Indonesia dan Jepang
Artikel Selanjutnya
Ambisi Petani Milenial Jadikan RI Lumbung Pangan Dunia Usai Berguru ke Jepang