Sukses

Pendaki Rusia Tewas Tertimpa Batu di Gunung Fuji, Satu Rute Pendakian Ditutup

Pendaki Rusia tewas akibat batu yang jatuh di Gunung Fuji, Jepang.

Liputan6.com, Tokyo - Pendakian Rusia di Gunung Fuji dilaporkan tewas tertimpa batu yang jatuh di dekat puncak tertinggi gunung Jepang itu. Demikian laporan polisi lokal pada Senin 26 Agustus 2019.

Polisi mengatakan seorang wanita berusia 20-an terluka parah pada Senin pagi ketika mendekati puncak gunung vulkanik setinggi 3.776 meter tersebut.

"Tim penyelamat dan seorang dokter bergegas ke lokasi, tetapi dia kemudian dipastikan meninggal," kata seorang pejabat polisi setempat kepada AFP yang dikutip Selasa (27/8/2019).

Situs NHK dan media lokal lainnya mengidentifikasi korban sebagai warga negara Rusia berusia 29 tahun. Ia dikabarkan tinggal di Tokyo dengan seorang suaminya yang berkebangsaan Jepang.

Kendati demikian konfirmasi identifikasi korban belum tersedia.

Salah satu rute menuju puncak Gunung Fuji ditutup sementara setelah kecelakaan itu.

Simak pula video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puncak Gunung Berbahaya

Setiap tahun ratusan ribu orang - termasuk banyak orang asing - mendaki Gunung Fuji, yang dianggap sebagai gunung suci di Jepang.

Musim pendakian resmi dimulai dari awal Juli hingga akhir Agustus.

Gunung itu diselimuti salju hampir sepanjang tahun, puncaknya dianggap berbahaya selama musim sepi pendakian karena lerengnya yang curam dan hembusan angin konstan.

Gunung berbentuk kerucut yang berada sekitar 100 km arah barat Tokyo itu, dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada 2013.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.