Sukses

Top 3: Sorotan Kaisar Baru Jepang Naik Takhta hingga 11 Negara Pindah Ibu Kota

Peristiwa naiknya Kaisar baru Jepang Naruhito menjadi sorotan publik internasional dan berhasil menjadi Top 3 di kanal Global Liputan6.com bersama dua artikel lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa naiknya Kaisar baru Jepang Naruhito menjadi sorotan publik internasional dan berhasil menjadi Top 3 di kanal Global Liputan6.com.

Kaisar Naruhito resmi menjadi pemimpin takhta pada Rabu, 1 Mei 2019. Sejak hari ini, ia menjadi simbol pemersatu bangsa Jepang.

Era Jepang di bawah kekaisaran Naruhito bernama Reiwa yang melambangkan harmoni dan ketertiban.

Selain berita tentang kaisar baru Jepang, dua artikel lain juga berhasil menjadi Top 3 di kanal Global Liputan6.com.

Satu artikel Top 3 lainnya terkait 11 negara yang berhasil memindahkan ibu kotanya.

Di antara kesebelas negara itu yakni Amerika Serikat yang semula memiliki ibu kota di New York. Sejak Maret 1801, ibu kota Negeri Paman Sam perpindah ke Washington DC hingga saat ini.

Negara lain yang pernah memindahkan ibu kota adalah Brasil. Semula, negara di Amerika Latin itu beribu kota di Rio de Janeiro. Karena kota itu sudah terlalu padat, maka pusat pemerintahan dipindahkan ke Brasilia.

Berikut adalah ketiga artikel paling populer di kanal Global Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Kaisar Baru Jepang, Naruhito Resmi Naik Takhta

Kaisar baru Jepang Naruhito secara resmi menjadi pemimpin takhta Krisantemum pada Rabu 1 Mei 2019 waktu setempat. Tepat sehari setelah sang ayah menjadi kaisar pertama yang turun takhta dalam dua abad.

Menurut laporan BBC, Rabu (1/5/2019), Naruhito akan mewarisi Imperial Treasures Jepang dalam upacara yang sangat simbolis saat pertama kali mengemban misi kaisar.

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. 11 Negara Ini Akhirnya Sukses Pindahkan Ibu Kota

Baru-baru ini, rencana Jokowi untuk memindahkan ibu kota Indonesia menjadi sorotan banyak pihak. Presiden tampaknya serius dengan langkah itu.

"Di Indonesia, gagasan memindahkan ibu kota juga sudah muncul sejak era Presiden Soekarno, dan selalu menjadi wacana di setiap era Presiden," kata Jokowi. "Tidak pernah diputuskan dan dijalankan secara terencana dan matang."

Dalam postingan tersebut, Jokowi bahkan menyebut sejumlah negara yang menginspirasinya dalam mengambil langkah. Di antaranya adalah Malaysia, Korea Selatan, Brasil, dan Kazakhstan.

Tahukah Anda, selain negara-negara yang disebutkan Jokowi, ternyata masih banyak negara di dunia ini yang berhasil memindahkan ibu kotanya. Tentu saja dengan berbagai alasan yang mendasari.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

1. Trik Jitu Atasi Tekanan Darah Tinggi dalam Satu Menit, Mau Coba?

Tekanan darah tinggi, atau juga disebut hipertensi, adalah kondisi kronis di mana tekanan darah pada dinding arteri meningkat.

Hipertensi dapat disebabkan oleh faktor gaya hidup, keturunan (genetik), ataupun keduanya. Meskipun terlihat sepele, hal itu bisa berbahaya jika tidak ditangani, karena dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

Dalam kondisi yang berbahaya, tekanan darah tinggi bisa menyebabkan kematian. Oleh karenanya, Anda perlu melakukan tindak pencegahan.

Ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan. Cara sederhana ini hanya membutuhkan waktu sekitar satu menit. Anda bisa melakukannya secara mandiri.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini