Sukses

Menlu Retno Resmikan Gedung Pelayanan WNI Satu Atap Pertama di Abu Dhabi dan Jeddah

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi telah meresmikan Gedung Pelayanan Publik Satu Atap di Abu Dhabi pada 2 Maret 2019 dan di Jeddah pada 4 Maret 2019.

Liputan6.com, Jeddah - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi telah meresmikan Gedung Pelayanan Publik Satu Atap di Abu Dhabi pada 2 Maret 2019 dan di Jeddah pada 4 Maret 2019. Kedua gedung tersebut adalah pelayanan publik satu atap pertama di Perwakilan RI di Wilayah Timur Tengah.

"Pelayanan publik satu atap atau pelayanan terpadu menjadi suatu kebutuhan saat ini, khususnya seperti di Arab Saudi. Pelayanan terpadu juga telah dipermudah dengan kemajuan teknologi saat ini," demikian disampaikan Menlu RI, saat meluncurkan gedung pelayanan satu atap di Jeddah, Arab Saudi, dikutip dari rilis resmi Kemlu RI yang dimuat Liputan6.com, Selasa (5/3/2019).

Dengan peluncuran gedung tersebut, ke depan seluruh pelayanan publik bagi WNI dan orang asing akan dilayani di dalam satu gedung, dalam satu alur pelayanan dan menggunakan satu sistem pelayanan.

Sebelum adanya gedung ini, setidaknya 3 pelayanan publik yang saling terkait yaitu pelayanan kekonsuleran, pelayanan ketenagakerjaan, pelayanan keimigrasian dan pelayanan perlindungan WNI dilayani di gedung dan dengan sistem pelayanan yang terpisah.

"Memberikan pelayanan publik yang mudah, cepat dan nyaman di Kemlu dan di Perwakilan RI adalah mimpi yang terus kami perjuangkan. Karena itu, pelayanan publik telah kami jadikan salah satu ukuran kinerja utama Perwakilan RI. Alhamdulillah, sejak 2018 secara bertahap Perwakilan-Perwakilan RI sudah mulai menerapkan konsep pelayanan satu atap tersebut", ujar Menlu Retno di depan puluhan mitra kerja Arab Saudi yang menghadiri acara peresmian gedung tersebut di Jeddah.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelayanan yang Terintegrasi

Sejak 2015, Kemlu telah mulai membangun sistem pelayanan yang terintegrasi di seluruh Perwakilan RI. Sistem tersebut diresmikan Presiden RI pada Oktober 2018 di KBRI Seoul, Korea Selatan. Dengan selesainya sistem tersebut pada tahun 2017, sejumlah Perwakilan sudah mulai melakukan penyesuaian dengan menyiapkan infrastruktur pelayanan satu atap.

Sebelum di Abu Dhabi dan Jeddah, sejumlah Perwakilan RI lainnya telah menerapkan konsep pelayanan satu atap antara lain di Konsulat RI Tawau, Malaysia, dan Konsulat Jenderal RI Chicago, Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.