Sukses

Waspada, 6 Gejala Ini Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin D

Liputan6.com, Jakarta - Vitamin D merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh, terutama untuk membangun tulang kuat dan sehat.

Selain itu, vitamin D juga membantu tubuh dalam menyerap kalsium, berperan dalam pertumbuhan sel hingga mengurangi peradangan yang menjadi penyebab penyakit.

Sayangnya, banyak orang saat ini mengalami kekurangan vitamin D. Hal ini karena tidak banyak makanan yang secara alami mengandung nutrisi tersebut.

Walaupun begitu, ada beberapa pertanda bahwa tubuh Anda sesungguhnya kekurangan vitamin D dan menjadi sinyal untuk memperbanyak vitamin tersebut.

Berikut 6 gejala tubuh Anda kekurangan vitamin D, seperti dikutip dari Brightside.me, Minggu (25/11/2018).

 

Simak video pilihan berikut: 

2 dari 7 halaman

1. Keringat Berlebih

Salah satu gejala kekurangan vitmain D adalah keringat yang berlebih, terutama di sekitar area kepala.

Sehingga, jika Anda berkeringat padahal suhu dan aktivitas stabil, mungkin itu menjadi pertanda kekurangan vitamin D.

3 dari 7 halaman

2. Rasa Sakit pada Tulang, Sendi, dan Otot

Kekurangan vitamin D dapat merusak kemampuan tubuh untuk memasukkan kalsium ke dalam jaringan tulang, yang dapat menyebabkan osteomalasia atau melemahnya tulang.

Kekurangan vitamin D juga dapat dikaitkan dengan berbagai nyeri muskuloskeletal, khususnya, dengan nyeri tulang tibia.

Disarankan untuk memastikan asupan harian jumlah Vitamin D yang diperlukan untuk menghindari nyeri tulang, patah tulang, dan penyakit terkait seperti osteoporosis.

Vitamin D mempengaruhi tidak hanya tulang kita tetapi juga otot kita.

Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan nyeri otot yang parah, kelemahan, berkurangnya massa otot dan pemulihan otot yang buruk setelah aktivitas fisik yang intens.

Kadar vitamin D yang rendah juga dapat menyebabkan sakit yang meluas secara kronis di dalam tubuh, yang merupakan salah satu gejala utama fibromyalgia.

 

4 dari 7 halaman

3. Lemas dan Lesu

Kekurangan vitamin D bisa membuat Anda merasa lelah dan lemas sekalipun telah cukup tidur.

Sebuah studi dari University of Tulsa menemukan, atlet yang kekurangan vitamin D dalam darah tidak mampu mengangkat beban berat, berlari cepat atau melakukan lompatan jauh dan tinggi. Hal ini karena, vitamin D memiliki manfaat untuk membuat otot lebih berkontraksi.

5 dari 7 halaman

4. Luka yang Lama Sembuh

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa 12 minggu suplementasi vitamin D menghasilkan pengurangan luka yang signifikan di antara pasien dengan ulkus kaki diabetik.

Para ilmuwan percaya bahwa vitamin D memiliki efek positif pada menstabilkan kadar glukosa darah dan kolesterol pada pasien yang diteliti.

Jika luka Anda sembuh perlahan (terutama jika Anda menderita diabetes), perhatikan tingkat vitamin ini dalam tubuh Anda.

 

6 dari 7 halaman

5. Rambut Rontok

Ada banyak faktor yang dapat memicu kerontokan rambut, dan kekurangan vitamin D adalah salah satunya.

Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan proses siklus pertumbuhan rambut terganggu, rambut menipis dan rambut rontok.

Vitamin D memainkan peran integral dalam proses pertumbuhan rambut pada titik asal rambut dan dapat digunakan sebagai suplemen yang ditujukan untuk perawatan kerontokan rambut.

7 dari 7 halaman

6. Merasa Depresi dan Cemas

Vitamin D adalah vitamin unik yang memengaruhi banyak bagian tubuh kita, termasuk otak.

Setelah vitamin dikonsumsi oleh makanan atau disintesis di kulit kita, ia melepaskan neurotransmitter seperti dopamine dan serotonin yang mempengaruhi fungsi otak.

Menurut para ilmuwan, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kecemasan, depresi dan bahkan dapat dikaitkan dengan penyakit mental termasuk skizofrenia.

Jika Anda memiliki salah satu tanda kekurangan vitamin D, rencanakan kunjungan ke dokter Anda yang akan mengevaluasi kadar vitamin ini dalam tubuh Anda dan meresepkan dosis vitamin D yang dibutuhkan.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Cuaca Hari Ini: Akhir Pekan, Jakarta Cerah Berawan, Bogor Hujan
Artikel Selanjutnya
Cuaca Hari Ini: Jakarta Cerah Berawan