Sukses

5 Fakta Menarik soal Kehidupan Astronot yang Berbeda dari Orang Biasa

Menjadi seorang astronot tentu tak mudah. Harus lolos seleksi, menjalani karantina dan merampungkan latihan berat agar bisa ke angkasa luar.

Liputan6.com, New York - Pernahkah Anda membayangkan atau bercita-cita jadi seorang astronot?

Yang jelas, tak gampang untuk jadi antariksawan. Harus lolos seleksi, menjalani latihan berat hingga karantina. 

Hidup di angkasa luar selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, tentu bukan hal yang mudah. Harus rela berpisah dengan keluarga hingga teman terdekat.

Bahkan, mereka tak selalu bisa bermain media sosial dengan ponsel yang selalu melekat di tangan. Hal lain yang harus dilakukan oleh para astronot adalah menyantap makanan super instan yang harus dikonsumsi terus menerus selama masa kerja.

Yang jelas, kehidupan para astronot berbeda dengan kita yang selama ini terbiasa dengan hal-hal praktis di Bumi. Mampu berjalan di kondisi tanpa gravitasi adalah kemampuan mutlak yang wajib dimiliki.

Seperti dikutip dari laman Spaceanswers.com, Sabtu (17/11/2018), berikut 5 fakta menarik soal kehidupan astronot di angkasa luar:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Butuh Berjam-jam untuk Pakai Baju

Jika seorang perempuan butuh waktu satu hingga dua jam untuk mempersiapkan diri, dari mulai makeup sampai pakaian, ke sebuah pesta, maka astronot lebih dari itu.

Menjadi seorang astronot tidaklah mudah. Bukan hanya latihan, satu persatu pakaian yang mereka kenakan harus sesuai standar. Sebelum bertolak ke angkasa luar, mereka harus menggunakan pakaian yang butuh waktu berjam-jam dikenakan.

Selain itu, dalam kurun waktu pemasangan pakaian mereka harus mengirup oksigen murni sebagai langkah persiapan. 

 

3 dari 6 halaman

2. Melihat Matahari Terbit 90 Menit Sekali

Menjadi astronot bukan hanya soal sengsaranya saja. Pekerjaan ini tentu memiliki sisi indahnya juga. Ketika berada di angkasa luar, mereka akan melihat keindahan matahari.

International Space Station atau Stasiun Antariksa Internasional mengorbit Bumi sekitar 17.000 mph (27.000 km per jam). Itu berarti astronot yang ada di ISS bisa melihat matahari terbit serta terbenam setiap 90 menit sekali.

 

4 dari 6 halaman

3. Harus Tidur di Sebelah Kipas Angin

Sistem ventilasi yang baik sangat diperlukan bagi seorang astronot saat sedang tidur. Sebab, udara hangat yang keluar dari dalam tubuh tidak bisa menghilang di angkasa luar.

Jika dibiarkan terus menerus tanpa adanya angin, maka karbondioksida atau suhu panas lainnya akan menggelembung di sekitar kita saat tidur.

Tentunya hal ini sangat berbahaya apabila kembali terhirup. Oleh karenanya, mereka harus tidur di sebelah kipas angin.

 

5 dari 6 halaman

4. Jantung Harus Terus Dilatih

Karena gravitasi yang sangat rendah, maka jantung memiliki waktu yang lebih lama dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan. Oleh karenanya, seorang astronot yang berada di angkasa luar harus terus berolahraga setiap hari guna menjaga kesehatan jantungnya.

 

6 dari 6 halaman

5. Kerap Menjatuhkan Benda yang Dipegang

Salah satu kebiasaan astronot yang dilakukan adalah menjatuhkan barang-barang yang ada di genggaman saat berada di Bumi.

Sebab, mereka sudah terbiasa hidup di angkasa luar tanpa gravitasi. Seperti contoh, saat mereka kembali ke markas di Bumi dan sedang memegang cangkir, maka mereka akan kerap melepasnya usai minum.

Alhasil gelas jatuh dan pecah. Ini adalah kebiasaan semua astronot, tanpa terkecuali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.