Sukses

Melahirkan di Amerika Jadi Ladang Bisnis, Agen Perjalanan Rusia Paling Untung?

New York - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, baru-baru ini menyatakan bahwa dia ingin mengganti sistem kewarganegaraan di negaranya, sehingga tidak semua bayi yang lahir di sana secara otomatis mendapatkan kewarganegaraan.

AS memang menganut prinsip kewarganegaraan "ius soli", artinya prinsip tempat kelahiran. Berbeda dengan kebanyakan negara dunia, yang menerapkan prinsip "ius sanguinis", artinya prinsip keturunan.

Sebagai perekonomian terbesar dunia, kewarganegaraan Negeri Paman Sam menjadi sesuatu yang istimewa, tidak hanya bagi warga di negara berkembang, terutama bagi orangtua yang ingin memperbaiki nasib anaknya.

Mereka mencari cara bagaimana anaknya bisa dilahirkan di Amerika Serikat. Tren ini belakangan makin marak, terutama di China dan Rusia.

Paket All Inclusive

Selama bertahun-tahun, agen-agen perjalanan Rusia mencari ibu-ibu kaya dari Negeri Beruang Merah untuk melahirkan di Florida.

Bukan karena cuaca Florida yang nyaman dan pantai-pantainya yang terkenal, melainkan karena setiap anak yang lahir di AS otomatis mendapatkan kewarganegaraan --prospek yang sangat menarik bagi calon orangtua di Rusia.

Pariwisata seperti ini sudah berkembang di Rusia selama bertahun-tahun. Video-video promosi yang beredar di internet mengklaim bahwa setiap hari, ada sampai delapan ibu hamil Rusia yang berangkat ke AS hanya untuk melahirkan.

Lebih dari sepuluh agen perjalanan secara khusus bergerak pada bisnis itu di Moskow.

Anton Yatchmenev, yang bekerja untuk agen perjalanan Miami Care, menjabarkan bahwa sekarang, Miami Care memiliki sepuluh karyawan. Di antaranya adalah pengacara, dokter, penerjemah dan konsultan yang berbasis di Miami.

Anton Yatchmenev bertugas di Moskow, menasihati pasangan suami-istri yang ingin melahirkan di Miami.

"Kami menawarkan seluruh layanan, khusus disesuaikan dengan keinginan pelanggan dan kemampuan keuangan mereka," kata Yatchmenev seperti dilansir dari DW, Jumat (2/11/2018).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Bisnis Menggiurkan

Selain itu, Yatchmenev menambahkan, bidang kerjanya adalah bagian dari "pariwisata global" dan bisnis ini sangat menguntungkan, terutama sejak tahun 2016, ketika perekonomian Rusia membaik dan makin banyak keluarga yang bisa membayar biaya melahirkan di AS.

Setiap tahun, Miami Care mengirim sampai 200 calon ibu Rusia ke Florida. Pelanggan bisa memesan paket lengkap yang mencakup semua masalah logistik, akomodasi, konseling medis, bantuan hukum dan jasa penerjemahan.

Tapi Anton Yatchmenev mengakui bahwa layanan perusahaannya tidak murah, bisa mencapai US$ 30.000 untuk satu kelahiran. "Berapa banyak orang Rusia yang mampu menghabiskan 30.000 dolar (AS) dalam tiga bulan?" tanyanya.

Menurut Anton, lebih dari setengah pelanggan mereka berasal dari Moskow, sisanya terutama datang dari Rusia utara, dari kawasan bisnis minyak dan gas.

Hingga kini, tidak ada catatan resmi tentang berapa banyak anak yang dilahirkan para ibu Rusia di AS.

Pusat Studi Migrasi di New York (CMS) memperkirakan bahwa setiap tahun ada 36.000 ibu warga asing yang datang untuk melahirkan anak di AS.

Dua Warga Palestina Tewas Ditembak Tentara Israel
Loading
Artikel Selanjutnya
Mike Pompeo: AS Siap Bertemu Korea Utara Lagi Awal Tahun Depan
Artikel Selanjutnya
Pemuda Ledakkan Bom di Depan Kantor Intelijen Rusia, Teror Militan?