Sukses

Vladimir Putin Sebut Serangan Maut di Universitas Sebagai Imbas Globalisasi

Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut serangan maut yang terjadi di kampus di Semenanjung Krimea, sebagai hasil globalisasi.

Liputan6.com, Moskow - Menanggapi serangan mematikan yang terjadi di Polytechnic College, Semenanjung Krimea, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan hal tersebut tampaknya merupakan hasil globalisasi.

"Di media sosial, di internet, kami melihat penciptaan seluruh komunitas ekstremisme. Semuanya dimulai dengan peristiwa tragis di sekolah-sekolah di AS," lanjutnya sebagaimana dikutip dari BBC pada Jumat (19/10/2018).

Sebanyak 15 mahasiswa dan 5 orang dosen tewas dalam serangan pada Rabu, 17 Oktober 2018, di kampus teknik di Kota Kerch.

Pejabat setemapat mengidentifikasi pelaku sebagai seorang pria bernama Vladislav Roslyakov (18), yang tewas bunuh diri setelah melakukan penyerangan.

Roslyakov adalah seorang mahasiswa tahun keempat di kampus terbesar di Krimea itu, semenanjung di pesisir Laut Hitam yang dicaplok oleh Rusia dari Ukraina pada tahun 2014.

Pada hari Rabu, ledakan bom berskala besar memporak-porandakan kafetaria di kampus terkait, sebelum kemudian pelaku menyerbu gedung, menembak orang-orang dari jarak dekat dengan senapan berburu pompa-aksi.

Menteri Kesehatan Rusia Veronika Skvortsova mengatakan, ledakan dari perangkat buatan telah menghujani orang dengan pecahan peluru.

"Beberapa organ internal korban pecah, kami menemukan serpihan kaca dan baut di hati, usus, pembuluh darah," katanya.

"Anggota tubuh korban yang terluka parah, telah diamputasi. Beberapa orang terpaksa kehilangan kaki dan tulang keringnya," lanjut Skvortsova.

Pihak berwenang di Krimea telah menyatakan tiga hari berkabung. Layanan doa diadakan untuk para korban di sebuah lokasi peribadatan darurat dekat kampus.

Insiden berdarah itu adalah serangan paling mematikan yang terjadi di Semenanjung Krimea sejak aneksasi Rusia.

Intervensi Rusia --yang diekcam oleh banyak kekuatan Barat-- menandai dimulainya konflik dengan para pemberontak yang didukung Rusia di timur Krimea, melawan pasukan pemerintah Ukraina.

 

Simak video pilihan  berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memicu Kepanikan Massal

Pelaku dikatakan berlari dari ruang ke ruang saat menembak dengan membabi buta. Beberapa menit sebelumnya, ia telah meninggalkan sebuah ransel berisi bom buku di kafetaria di lantai dasar dan meledakkannya dari jarak jauh, TV Channel One Russia melaporkan.

Foto-foto kemudian muncul di media Rusia, yang konon menunjukkan jasad pelaku tergeletak di perpustakaan kampus.

Laporan televisi lokal menggambarkan adegan kehancuran dan kepanikan massal setelah ledakan itu.

Dikatakan bahwa pintu dan jendela di jalur masuk aula dan di lantai pertama --di atas kafetaria-- hancur. Beberapa mahasiswa bahkan ada yang nekat melompat keluar dari gedung dari ketinggian 5 meter.

Para penyelidik kemudian mengatakan, mereka telah menemukan alat peledak kedua di dalam tas pelaku. Ia juga dilaporkan memiliki beberapa paket peluru dan bom molotov buatan sendiri.

Serangan maut itu pertama kali digambarkan sebagai aksi teror, tetapi komite investigasi Rusia kemudian mereklasifikasi sebagai "pembunuhan massal".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.