Sukses

Waspada 6 Merek Stroberi di Australia Disabotase Pakai Jarum Jahit dan Pin

Liputan6.com, Melbourne - Sebanyak enam merek stroberi di Australia kini telah ditarik dari peredaran di pasar setelah ditemukan jarum jahit dan pin di dalam daging buahnya. Keenam merek tersebut adalah Obsession Berry, Berry Licious, Love Berry, Donnybrook Berries, Delightful Strawberries, dan Oasis.

Sebagian merek ini dijual di supermarket Coles dan Woolworth di Queensland, New South Wales dan Wilayah Ibu Kota Australia (Australian Capital Territory).

Bagi konsumen yang sudah terlanjur membeli merek-merek tersebut, polisi menyarankan agar mereka berhati-hati ketika menggigit atau memakan stroberi itu. Bila menemukan jarum jahit atau pin kecil terselip di dalamnya, maka segera laporkan ke kantor polisi terdekat.

Minggu ini, seorang ibu New South Wales, Australia, menemukan tiga pin yang disembunyikan di dalam daging buah stroberi dari salah satu merek terkait. Dia pun mempostingnya ke Facebook.

 

Wanita beranama Faugeras Chantal itu mengisahkan bahwa putrinya yang berumur 10 tahun menggigit bagian buah yang telah disisipkan jarum jahit pada hari Rabu, 12 September 2018. Beruntung, buah hatinya tidak terluka. Demikian seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (15/9/2018).

Chantal mengatakan, dia kemudian menemukan dua jarum lagi di dalam daging buah stroberi yang dia dapatkan dari supermarket Coles di Wingham. Mengetahui fakta tersebut, dia langsung memutuskan untuk memeriksa buah lain demi mencegah kecelakaan terjadi.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Mantan Karyawan?

Dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada Daily Mail Australia, seorang juru bicara supermarket Coles mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki insiden tersebut dan bekerja sama dengan pemasok buah, polisi serta regulator kesehatan.

"Keselamatan pelanggan adalah prioritas kami dan siapa pun yang peduli dengan kesehatan mereka harus mencari bantuan medis. Queensland Health telah memperingatkan masyarakat untuk memotong semua stroberi kemasan sebelum mengonsumsinya," kata juru bicara Coles.

Penemuan ini terjadi setelah lima kasus serupa melanda Queensland dan Victoria. Sedangkan seorang pria dilaporkan dirawat di rumah sakit setelah menelan sebuah jarum jahit usai memakan buah stroberi.

Dalam kasus lain pada hari Kamis, Angela Stevenson, nyaris memberikan salah satu buah yang terkontaminasi ke putrinya yang berusia 12 bulan.

Kepolisian Queensland mengumumkan mereka telah memulai penyelidikan atas kasus tersebut sejak hari Rabu kemarin. Polisi percaya bahwa Berry Obsession dan Berry Licious adalah merek yang paling parah terkena dampaknya.

Asosiasi Petani Strawberry Queensland (Queensland Strawberry Growers Association) menduga bahwa ada mantan karyawan yang menjadi dalang dari semua ini.

Loading
Artikel Selanjutnya
Duka Australia Atas Kematian Tragis Ibu dan 3 Anak Dibakar Suami
Artikel Selanjutnya
Kereta Ekspres Australia Rute Sydney-Melbourne Tergelincir, 2 Orang Tewas