Sukses

Video Unik Ucapan Selamat Puasa Ramadan 2018 dari Dubes AS

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R. Donovan, mengucapkan selamat Ramadan dengan cara yang unik, yakni melalui sebuah video pendek yang diunggah di akun Twitter @usembassyjkt, hari ini (17/5/2018).

Dalam unggahan video tersebut, ditampilkan beberapa anak dari para staf Kedubes AS di Jakarta, yang masing-masing ditanyai pengetahuan dan pendapat tentang bulan suci Ramadan.

Meski sebagian besar dari anak-anak tersebut bukan berasal dari keluarga Muslim, namun mereka cukup fasih mendeskripsikan tentang bentuk dan makna sederhana dari aktivtas berpuasa.

Ada yang menyebut ibadah puasa bertujuan melatih diri untuk lebih bersabar dan mensyukuri nikmat yang didapat.

Selain itu, seorang anak lainnya memberikan contoh bagaimana menghargai orang lain yang berpuasa, yakni dengan tidak makan dan minum di depannya.

Dalam video itu juga diperlihatkan anak-anak tengah mewarnai sebuah kartu ucapan selamat Ramadan 2018, bersama dengan Dubes Donovan dan sang istri, Mei Chou Donovan.

Kartu ucapan tersebut berbentuk sederet bangunan masjid dengan kubah warna-warni, yang disertai dengan ilustrasi bintang dan bulan di atasnya.

Sebelum video berakhir, utusan diplomatik Amerika Serikat itu menyampaikan narasi, bahwa bulan suci Ramadan bisa menjadi momentum untuk saling menghargai kebebasan beragama, toleransi, dan keberagaman.

Video ditutup dengan ucapan selamat berpuasa dalam Bahasa Indonesia, yang disampaikan langsung oleh Dubes Donovan, istrinya, dan anak-anak para staf Kedubes Amerika Serikat di Jakarta.

 

Simak video pilihan berikut:

1 dari 2 halaman

Presiden Donald Trump Ucapkan Selamat Ramadan

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengucapkan selamat Ramadan 2018, serta mendoakan yang terbaik bagi para muslim di AS dan seluruh dunia yang melaksanakan ibadah tersebut.

"Saya mengucapkan selamat dan doa terbaik bagi seluruh muslim yang melaksanakan Ramadan di Amerika Serikat dan penjuru dunia," ujar Donald Trump dalam pernyataan tertulis seperti dikutip dari laman daring Kedutaan Besar AS di Indonesia, id.usembassy.gov pada Rabu, 16 Mei 2018.

"Melania dan saya menaruh harapan pada bulan yang penuh berkah ini. Ramadan Mubarak," lanjut Donald Trump.

Ia juga menambahkan bahwa "Mereka yang melaksanakan Ramadan bisa memperkuat komunitas kita, membantu yang membutuhkan, dan menjadi contoh yang baik tentang bagaimana menjalani hidup yang suci."

Artikel Selanjutnya
Suasana Tarawih Perdana di Masjid Polrestabes Surabaya Usai Diteror Bom
Artikel Selanjutnya
Menhub: Jawa Tengah Siap Hadapi Lebaran 2018