Sukses

Video Detik-Detik Tabrakan Pesawat Korsel dan Turki di Bandara Istanbul

Liputan6.com, Istanbul - Tabrakan dramatis terjadi di Bandara Internasional Istanbul Ataturk, ketika pesawat milik maskapai Korea Selatan, Asiana Airlines, menabrak maskapai Turki, Turkish Airlines. Peristiwa itu terjadi pada Minggu, 13 Mei 2018.

Sebuah rekaman video yang viral di dunia maya menunjukkan detik-detik ketika kedua pesawat itu bersinggungan di landasan pacu bandara. Demikian seperti dikutip dari media Rusia RT (15/5/2018).

Pada detik-detik awal, terlihat bahwa pesawat Asiana A330 penerbangan Istanbul - Seoul tengah melintas di landasan pacu bandara. Beberapa meter di dekatnya, terdapat pesawat Turkish Airlines A321 yang baru saja mendarat.

Rekaman kemudian menunjukkan momen ketika ujung sayap kanan pesawat Asiana yang tengah melintas menabrak sayap ekor pesawat Turkish Airlines yang tengah berhenti.

Bahkan, rekaman menunjukkan bahwa pesawat Turkish Airlines tersebut sedikit bergeser saat sayap ekornya ditabrak oleh sayap kanan Asiana.

Kedua pesawat itu mengalami kerusakan cukup parah, terutama di bagian sayap yang bertabrakan.

Namun, tidak ada dari 222 penumpang dan 16 awak di pesawat Asiana A330 yang terluka akibat insiden itu. Begitupun dari pesawat Turkish Airlines.

Akan tetapi, jadwal pesawat Asiana A330 yang diharuskan terbang menuju Seoul pada hari Minggu 13 Mei dibatalkan usai insiden tersebut.

Para penumpang Asiana dialihkan menggunakan pesawat lain. Mereka dijadwalkan meninggalkan Istanbul pada hari Senin 15 Mei.

Saat berita ini rilis, penyelidikan atas tabrakan antar pesawat itu tengah dilakukan untuk menentukan pihak yang bertanggung jawab.

Berikut video detik-detik kejadiannya:

1 dari 2 halaman

Tabrakan Antar Pesawat di Toronto Januari 2018

Sementara itu, pada Januari 2018 lalu, sebuah pesawat yang baru saja mendarat di Bandara Toronto Pearson, Kanada, harus dievakuasi setelah bertabrakan dengan pesawat kosong.

Dikutip dari BBC, Sabtu, 6 Januari 2018, insiden itu terjadi antara pesawat WestJet Boeing 737-800 yang kala itu membawa 168 penumpang dan enam awak dengan pesawat Sunwing. Peristiwa tersebut terjadi kala WestJet sedang menunggu untuk parkir menurunkan penumpang.

Menurut WestJet, pesawatnya mendarat di Toronto Pearson setelah terbang dari Cancun di Meksiko, dan sedang dalam keadaan diam saat tabrakan terjadi.

Sementara itu Sunwing mengatakan bahwa pesawatnya sedang ditarik untuk dipindahkan oleh penyedia layanan bandara Toronto pada saat kejadian. Tak ada penumpang atau awak kapal saat peristiwa itu terjadi.

Artikel Selanjutnya
Delegasi Korea Utara dan Korea Selatan Akan Bertemu Besok, Apa Agenda Utamanya?
Artikel Selanjutnya
Kecam Penembakan Demonstran Palestina, Presiden Turki Sebut Israel Negara Teroris