Sukses

Kedubes AS Waspada Rencana Aksi Demo Besar 11 Mei 2018

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta menyampaikan beberapa imbauan terkait kepentingan pelayanan publik di Jakarta dan Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta mengeluarkan peringatan waspada terhadap kemungkinan demonstrasi besar, yang terjadi pada Jumat, 11 Mei 2018.

Demonstrasi yang akan dimulai sekitar pukul 04.00 WIB itu disebut akan mengambil tempat di dekat Kedutaan Besar AS d Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, dan mulai pukul 10.00 WIB di seputaran area Konsulat Jenderal AS di Jalan Citra Raya Niaga, Surabaya.

Dalam siaran persnya, Kedubes Amerika Serikat menyebut pemindahan lokasi perwakilan resmi pemerintah AS di Israel pada 14 Mei mendatang, dapat memicu aksi protes besar, yang beberapa di antaranya berisiko diikuti oleh aksi kekerasan.

Terkait hal tersebut, Kedutaan Besar AS di Jakarta akan menutup layanan paspor, notaris, dan visa kepada publik pada 11 Mei 2018. Selain itu juga akan dilakukan pengurangan jumlah staf dan waktu operasional.

Sementara itu, Konsulat Jenderal di Surabaya dan Agen Konsulat di Bali akan tetap buka, namun khusus untuk janji pertemuan yang telah dijadwalkan.

Warga Amerika Serikat yang membutuhkan layanan darurat harus menghubungi Kedutaan atau Konsulat Jenderal di nomor yang tercantum di halaman kedua peringatan ini.

Beberapa hal yang diimbau untuk diperhatikan adalah:

- Bersikap tenang.

- Waspada terhadap sekitar.

- Sementara waktu menghindari kerumunan publik

- Meninjau kembali rencana keamanan pribadi

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Sementara itu, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta juga memberikan beberapa pengarahan sebagai berikut:

- Lihat situs perjalanan Kementerian Luar Negeri AS untuk mengetahui Peringatan, Peringatan Perjalanan (travel warning), Peringatan Seluruh Dunia, dan Informasi Khusus Negara Indonesia.

- Daftarkan diri Anda dalam Smart Traveler Enrollment Program (STEP) untuk menerima pesan keamanan, dan membuatnya Anda lebih mudah ditemukan dalam kondisi darurat.

- Hubungi Kedutaan Besar AS di Jakarta yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan No. 3-5, Jakarta. Nomor teleponnya adalah + 62-21-3435-9055 / 9054. Nomor darurat setelah jam kerja untuk warga AS adalah + 62-21-3435-9000 (tekan 0 untuk operator). Unit Layanan Warga Amerika dari email Kedutaan adalah JakartaACS@state.gov.

- Hubungi Konsulat Jenderal AS di Surabaya yang berlokasi di Jalan Citra Raya Niaga No. 2, Surabaya. Nomor teleponnya adalah + 62-31-297-5300. Nomor darurat setelah jam kerja untuk warga AS adalah + 62-81-133-4183. Unit Layanan Warga Amerika dari email Konsulat Jenderal adalah SurabayaACS@state.gov.

- Hubungi layanan telepon bebas pulas 1-888-407-4747 di Amerika Serikat dan Kanada, atau 1-202-501-4444 dari negara lain dari jam 08.00 pagi hingga 20.00 malam. Waktu Standar Timur (EST), Senin hingga Jumat (kecuali hari libur federal A.S.).

- Ikuti Kedutaan Besar AS di Twitter dan Facebook.

- Ikuti Biro Urusan Konsuler Departemen Luar Negeri di Twitter dan Facebook.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.