Sukses

12.800 Kali Juara, Atlet Ini Jadi Pemenang Terbanyak di Dunia

Seorang atlet berkuda asal Brasil berhasil meraih rekor, sebagai olahragawan yang paling banyak memenangi pertandingan.

Liputan6.com, Rio De Janeiro - Seorang atlet berkuda asal Brasil berhasil memecahkan rekor, sebagai olahragawan yang paling banyak memenangkan pertandingan, yakni lebih dari 12.800 perolehan juara.

Setelah terus-menerus bertanding selama empat dekade lamanya, Jorge Ricardo -- nama sang atlet berkuda -- telah mengalahkan pencapaian rekor mentor sekaligus pesaing lamanya, Russell Baze, hingga menjadikannya sebagai pemegang rekor raihan juara terbanyak di dunia.

"Ya, sekarang saya telah memenangkannya. Bagi saya, ini adalah kebahagiaan sejati, dan sejujurnya, hidup saya terasa sangat lengkap," ujar Jorge Ricardo, sebagaimana dilansir dari CNN pada Rabu (28/3/2018).

Kemenangan terakhir Ricardo, yang dijuluki "Hope Glory", diraih pada 7 Februari, dan membukukan catatan sebagai raihan juara ke-12.845 kalinya.

Tak mudah bagi Ricardo meraih rekor tersebut, karena ia sempat mengalami beberapa kali cedera. Yang terparah terjadi setelah 2013, sehingga membuatnya absen dari berkuda selama hampir empat tahun lamanya.

Saat melewati hari-hari "tergelapnya", pria berusia 56 tahun itu tidak pernah berpikir untuk meninggalkan olahraga berkuda, kecuali "kematian" yang memisahkannya.

Ricardo meraih kemenangan pertamanya pada usia 15, ketika berhasil menjuarai Hippodrome de Gavea Brasil di bawah bayang-bayang Christ the Redeemer, julukan bagi Russel Baze, legenda atlet berkuda asal Kanada.

Russel Baze yang berusia tiga tahun lebih tua darinya, berjasa mendorongnya -- kala itu merupakan bocah dari Rio de Janeiro -- untuk yakin bertanding di arena pacuan kuda.

Baze meninggalkan pacuan kuda pada 2016 dengan total raihan 12.844 kemenangan, menjadikannya legenda saat itu juga.

Hanya Ricardo yang berhasil mengunggulinya, dan bahkan menjadi rekor terbaik di dunia saat ini. 

 

Simak video tentang lucunya seekor kuda yang ikut berlatih yoga berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menghabiskan 15 Ribu Hari di Atas Pelana Kuda

Sementara itu, muncul sebuah daftar statistik yang mengejutkan dari seorang Ricardo. Sejak mulai aktif berkuda di usia 15, ia telah menghabiskan hampir 15.000 hari di atas pelana kuda.

Dengan perkiraan sebanyak 70 ribu penampilan atas nama pribadinya, ia diakui sebagai joki kuda terbaik di Brasil -- dan bahkan dunia -- selama 26 tahun terakhir. Ricardo juga tercatat sering memenangi lebih dari 400 pacuan kuda dalam satu musim.

Bahkan, ia juga memegang rekor yang belum pernah terkalahkan, lima kali memenangi Longines Gran Premio Latino Americano, salah satu kejuaraan berkuda paling prestisius di dunia.

Meski begitu, Ricardo belum lama ini memutuskan pensiun dari arena pacuan kuda di usia 57, pada tahun depan.

Ia berencana untuk melanjutkan kehidupan hari tuanya bersama sang istri, seraya sesekali melatih bakat-bakat muda di olahraga berkuda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.