Sukses

Pakai Kaus Kaki Saat Tidur, Ini 4 Manfaat Mengejutkan yang Bakal Dirasakan...

Liputan6.com, Jakarta - Kaus kaki biasanya dikenakan berpasangan dengan sepatu. Manfaatnya banyak, seperti menyerap keringat di kaki, menjaga kelembaban telapak kaki, atau mencegah kulit kaki lecet karena gesekan sepatu.

Tapi ternyata kaus kaki tak hanya berguna saat kita beraktivitas di siang hari. Pada jam tidur pun, benda ini bisa mendatangkan banyak fungsi. Bahkan penelitian menyebut, mengenakan kaus kaki selama tidur bisa menyehatkan tubuh.

Selain membuat tidur lebih nyenyak, kaus kaki juga punya kegunaan lain di atas ranjang, yaitu meningkatkan gairah seksual wanita. Keuntungan lainnya yakni, mengurangi gejala penyakit Raynaud dan menopause.

Raynaud sendiri digambarkan dengan jari tangan, jari kaki, telinga, atau ujung hidung yang mati rasa karena suhu dingin atau stres. Kondisi ini sering disertai dengan perubahan warna kulit, biasanya menguning di bagian ujung jari tangan dan kaki.

Berikut 4 manfaat yang diperoleh dengan mengenakan kaus kaki saat kita tidur, seperti dilansir Daily Mail, Senin 12 Maret 2018.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

1 dari 5 halaman

1. Tidur Lebih Cepat dan Nyenyak

Sebuah studi tahun 2007 dari Netherlands Institute for Neuroscience (NIN), yang diterbitkan dalam jurnal Physiology & Behaviour, menemukan bahwa orang-orang yang memakai kaus kaki sebelum tidur berhasil terlelap lebih cepat.

Kata mereka, kaki menjadi lebih hangat. Memang benar, karena pembuluh darah di sekitar kaki menjadi lebih lebar sehingga melancarkan peredaan darah. Proses ini dikenal sebagai vasodilatasi.

Cara ini efektif diterapkan bagi mereka yang mengalami gejala insomnia.

2 dari 5 halaman

2. Cegah Menopause

Beberapa wanita melaporkan bahwa memakai kaus kaki saat tidur bisa mengurangi efek menopause. Secara khusus, cara ini seperti memberikan aliran panas pada tubuh. Dengan kata lain, mempermudah tubuh untuk mengatur suhu di malam hari.

Klinik Cleveland di London mendukung gagasan ini.

"Bagi beberapa wanita, mengenakan kaus kaki saat hendak tidur dirasa sangat membantu, dapat menghangatkan suhu tubuh inti (core body temperature)," kata mereka.

3 dari 5 halaman

3. Menangkal Penyakit Raynaud

Memakai kaus kaki saat tidur juga menangkal timbulnya gejala penyakit Raynaud.

Penyakit Raynaud adalah kelainan peredaran darah, di mana arteri mengencang karena merespon stres atau suhu dingin. Tangan dan kaki Anda mungkin menjadi mati rasa dan berubah warna menjadi putih kekuningan atau biru.

Umumnya, orang-orang dengan penyakit ini harus berhati-hati untuk menjaga agar tangan dan kaki tetap hangat. Menurut rheumatologist Dr. John Abruzzo, MD, dari Pennsylvania, setuju dengan cara tersebut, memakai kaus kaki menjelang dan selama tidur.

Selain kaus kaki, mandi air hangat atau meletakkan botol air panas di bawah kaki bisa menciptakan efek sama. Yang terpenting adalah tidak mengenakan kaus kaki ketat, karena bisa mengurangi sirkulasi udara.

 

4 dari 5 halaman

4. Meningkatkan Gairah Seks

Satu dari empat manfaat kaus kaki yang telah disebutkan mungkin agak berbeda. Kali ini berkaitan dengan seks.

Satu studi yang dilakukan pada tahun 2005 oleh University of Groningen di Belanda, menemukan bahwa memakai kaus kaki di ranjang mampu memperbaiki kehidupan seks Anda dan pasangan.

Hasil penelitian lalu dipresentasikan dalam European Society for Human Reproduction and Development di Kopenhagen, Denmark. Dari 13 pasangan yang terlibat dalam penelitian ini, mereka yang memakai kaus kaki saat bercinta cenderung mengalami lebih banyak orgasme ketimbang yang tidak memakai.

Studi tersebut mencatat, di antara wanita, hanya 20 persen yang mencapai orgasme tanpa kaus kaki, sedangkan 80 persen mencapai orgasme dengan kaus kaki. 

 

Artikel Selanjutnya
Tips Tampil Modis dengan Kaus Kaki di Dalam Heels
Artikel Selanjutnya
Pakai Kaus Kaki Saat Tidur Jadi Bikin Lebih Nyenyak?