Sukses

Kebakaran Saat Pesta Dansa, Puluhan Orang Dikhawatirkan Tewas

Pihak keamanan mengatakan sembilan orang tewas, namun mereka bersiap menghadapi kemungkinan terburuk, yaitu jumlah tewas mencapai 40.

Liputan6.com, Oakland - Puluhan pengunjung di sebuah  gudang yang diubah menjadi kelab malam Oakland, California dikhawatirkan tewas akibat kebakaran.

Pihak keamanan mengonfirmasi setidaknya sembilann orang tewas, namun mereka bersiap menghadapi kemungkinan terburuk, yaitu jumlah korban mencapai 40.

Dikutip dari BBC, Minggu (4/12/2016), kepala pemadam kebakaran Oakland, Teresea Deloche-Reed, memperkirakan ada 50 hingga 100 orang di dalam kelab itu. Adapun jago api mengamuk mulai pukul 23.30 waktu setempat pada Sabtu 3 November 2016.

Kelab malam itu tengah menggelar pertunjukkan kelompok musik Golden Donna dan pesta dansa-dansi. Pengumuman acara itu tersiar viral di Facebook semenjak Jumat minggu lalu.  Video yang beredar di media sosial memperlihatkan api membesar membakar bangunan itu.

Menurut Deloche-Reed, gedung itu tak memiliki sistem pemadam otomatis. Pihaknya juga tak mendengar suara alarm kebakaran saat mereka tiba di lokasi.

Lokasi kelab malam itu adalah sebuah gudang, di mana seorang artis lokal mengubahnya menjadi sebuah studio. Di dalamnya terdapat furniture, manekin, dan barang lainnya yang mudah terbakar.

"Di dalamnya penuh dengan barang-barang. Untuk masuk ke dalamnya saja sulit," kata Deloche-Reed.

Satu-satunya pintu  berada di lantai dua. Itupun harus naik tangga kayu.

Pihak penyidik akan menyelidiki apakah bangunan itu sesuai dengan peraturan. Adapun ketua perencanaan kota Darin Ranelletti mengatakan pihaknya sudah mendengar laporan 'miring' terkait penggunaan bangunan itu.

Tim penyelamat mengatakan, ketika sampai di lokasi, mereka tak menemukan orang terluka. Ada yang berhasil keluar tanpa lecet sedikitpun, atau memang tewas di dalam tanpa bisa menyelamatkan diri.

Namun, saksi mata korban selamat mengatakan, "kulitku seperti melepuh dan paru-paruku sesak," kata fotografer Bob Mule yang tinggal tak jauh dari bangunan itu.

Kebakaran itu disebut-sebut insiden paling mematikan dalam sejarah Oakland semenjak tahun 1989. Kala itu gempa Loma Prieta terjadi di utara California, 63 orang tewas.

Adapun kebakaran kelab malam yang mematikan di AS terjadi pada tahun 2003. Saat itu sebuah efek dari kelompok musik rock Great White meledak. 100 orang tewas dalam kecelakaan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini