Sukses

Waspada, Situs Web Ini Memantau Perilaku Kita di Dunia Maya

Liputan6.com, Amsterdam - Kalau kita sangka kegiatan kita merambah situs-situs web tidak sedang diawasi, coba pikir-pikir lagi.

Suatu situs web baru yang dinamai clickclickclick dikembangkan untuk menunjukkan bahwa perilaku daring kita terus-menerus dipantau.

Dikutip dari news.com.au pada Senin (21/11/2016), perusahaan media VRO dari Belanda dan perusahaan perancangan interaktif Studio Moniker yang berpusat di Amsterdam adalah dalang keberadaan situs tersebut.

Situs yang dimaksud mengamati dan memberi komentar secara sangat rinci tentang kegiatan seseorang merambah dunia maya. Untunglah, situs web dengan tampilan layar putih dan tombol hijau ini tidak merusak komputer.

Dimulai sejak kunjungan kita ke situs web itu, dimulailah perincian tindak-tanduk kita secara saat itu juga (real time) pada layar.

Situs itu juga menganjurkan pengguna untuk menyalakan suara agar bisa mendengarkan komentar-komentar dalam bahasa Inggris yang menyebalkan tentang perilaku kita merambah internet.

Roel Wouters, perancang dari Studio Moniker, mengatakan bahwa pengalaman itu dimaksudkan untuk memperingatkan orang tentang tema penting 'big data' dan privasi.

Menurutnya, "Lucu juga kalau kita bisa menyampaikan tema tersebut secara sederhana dan menghibur."

Seorang rekan perancang web, Luna Maurer, mengatakan bahwa pengalaman dirinya di situs web membantu proyek tersebut.

Katanya, "Saya cukup awas tentang internet, tapi masih saja kaget melihatnya setelah menonton sesuatu di situs web, sedetik kemudian saya disuguhi iklan personalisasi."

Menurut Maurer, situs clickclickclick dirancang agar orang pikir-pikir lagi tentang perilaku daring mereka. Katanya, "Yang kami lakukan ini cukup menghibur, kami menggunakan sebuah suara, seakan ada ahli psikologi yang memberi penjelasan."