Sukses

Berkat Bali, Fotografer Slovakia Sabet Award Bergengsi

Warga Indonesia pun merasa bangga dengan prestasi yang diukir Dorota di Slovakia.

Liputan6.com, Bratislava - Baru menekuni dunia fotografi pada 2014, nama Dorota Holubova kini mulai popular di mata kalangan pewarta foto Slovakia. Wanita cantik kelahiran Bratislava, 14 Agustus 1989 itu belum lama ini menyabet peringkat pertama Slovak Press Photo 2016 untuk kategori Daily Life.

Menariknya, foto-foto yang membawa Dorota meraih penghargaan bergengsi itu bercerita seputar kehidupan sehari-hari masyarakat Bali dan warga asing di Desa Canggu.

"Saya tidak menyangka bisa mendapat penghargaan ini. Saya sempat kaget dan tidak percaya saat mengetahui saya juara," ujar Dorota kepada Liputan6.com menanggapi keberhasilannya menempati posisi pertama kategori Daily Life dari Slovak Press Photo.

Dorota mengangkat tema foto dari Tanah Air usai tiga kali berkunjung ke Indonesia. Destinasi utamanya adalah Bali.

Di Pulau Dewata, melalui kameranya ia merekam kegiatan masyarakat Bali di Desa Canggu. Ia pun terpesona akan kebudayaan dan masyarakat sekitar ketika menemukan sebuah komunitas pencinta skateboard di desa yang terletak tidak jauh dari Denpasar.

Dorota Holubova saat menerima penghargaan di ajang tahunan Slovak Press Photo 2016, 19 Oktober lalu. (Liputan6.com/Reza Khomaini)

Di desa itu ada komunitas bernama Pretty Poison yang anggotanya memiliki hobi bermain skateboard di kolam renang kering. Para pemainnya pun berasal dari berbagai negara.

Kegiatan itu mengingatkan dirinya dengan California, Amerika Serikat. Dahulu di kota itu banyak pemain skateboard yang bermain di kolam kosong.

Dorota tak menyangka jika aktivitas serupa itu ada di sebuah desa di Pulau Dewata.

Hasil jepretannya di Desa Canggu pun ia pamerkan dalam sebuah pameran bertajuk Balifornia. Sedikitnya 50 foto berhasil dipamerkan di Fuga Gallery, Centrum, Bratislava, pada 28 September hingga 8 Oktober.

Pada pembukaan pameran, sebanyak 150 undangan, yang sebagian besar adalah seniman Slovakia, dan perwakilan Kedutaan RI untuk Slovakia hadir meramaikan pembukaan pameran.

Berkat kejeliannya menampilkan sisi lain dari Pulau Dewata melalui "Balifornia", tujuh karya foto Dorota pada rangkaian foto tersebut meraih penghargaan juara pertama pada kategori Daily Life. Foto berseri itu diganjar penghargaan di ajang tahunan bergengsi Slovak Press Photo 2016, yang diselenggarakan di Primate’s Palace, Bratislava, 19 Oktober 2016.

"Hari-hari ini menjadi sangat menyenangkan bagi saya. Balifornia adalah pameran foto pertama saya dan untuk kali pertama, sekaligus mendapatkan penghargaan profesional pertama. Saya juga berterima kasih atas dukungan KBRI Bratislava atas terselenggaranya pameran foto pertama saya di Slovakia. Dan juga terima kasih untuk Liputan6.com yang sudah memuat berita pameran saya," ujar Dorota.

Kompetisi Foto Tahunan di Slovakia

Ajang tahunan Slovak Press Photo merupakan penyelenggaraan penghargaan fotografi bergengsi di Slovakia. Bukan saja karena menghadirkan juri para profesional fotografer dari mancanegara, tetapi juga karena didukung penuh oleh Presiden Republik Slovakia, Presiden Dewan Nasional, Menteri Kebudayaan Slovakia, dan Wali Kota Bratislava.

Penyelenggaraan Slovak Press Photo tahun ini melibatkan 191 juru foto dengan 1.522 lembar foto yang dilombakan.

Para warga negara Indonesia (WNI) pun merasa bangga dengan prestasi yang diukir Dorota. Duta Besar RI di Bratislava Djumantoro Purbo menyampaikan bahwa KBRI mendukung penuh penyelenggaraan pameran foto Balifornia sebagai bentuk apresiasi terhadap profesional fotografer setempat yang menaruh minat besar akan Indonesia.

"Dengan sendirinya akan semakin mempromosikan Indonesia kepada publik Slovakia," ucap Djumantoro.

Setelah sukses dengan pagelaran foto dan penghargaan sebelumnya, selanjutnya rangkaian foto Balifornia akan kembali dipamerkan pada ajang 10th Year of Days of Photography di Kota Levice, Slovakia, pada 2017. Rencananya juga akan dipamerkan di luar Slovakia, antara lain di Prancis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini