Sukses

Biaya Operasi Ikan Mas Ini Setara Harga 13 Gram Emas 18 Karat

Seorang pemilik ikan mas sangat sayang kepada hewan peliharaannya sehingga rela mengeluarkan uang untuk 'pembedahan'.

Liputan6.com, Kuraby - Kalau sudah sangat sayang kepada hewan peliharaan seakan seperti anak sendiri, pemilik hewan itu rela mengeluarkan uang banyak demi keselamatan hewan kesayangannya.

Seorang pemilik ikan mas di negara bagian Queensland, Australia, membuktikan sayangnya kepada ikan masa peliharaannya yang bernama Conquer.

Dikutip dari Courier Mail pada Rabu (14/9/2016), Emma Marsh (21) dari Kuraby rela mengeluarkan uang sekitar 500 dolar Australia (Rp 5 juta) demi menyelamatkan ikan mas usia 1 tahun tersebut.

Ia membawa Conquer ke Brisbane Bird and Exotics Veterinary Service di Greenslopes setelah memergoki hewan tersebut menelan kerikil dalam akuarium.

Ia mengatakan, "Saya memperlakukan ikan seperti lazimnya heran peliharaan lain."

Seorang pemilik ikan mas sangat sayang kepada hewan peliharaannya sehingga rela mengeluarkan uang untuk pembedahan. (Sumber Brisbane Bird and Exotics Veterinary Service via Facebook)

Dokter hewan Emma McMillan menyatakan terkejut melihat ukuran kerikil yang ditelan oleh Conquer. Katanya, "Berat ikan itu hanya 13 gram dan panjangnya hanya 5 cm."

"Kerikil itu sepanjang 8 atau 9 mm dan tersangkut di sepanjang sisi mulutnya sehingga tidak bisa dimuntahkannya lagi."

Dr McMillan dan tim kemudian meneteskan obat bius (anestesi) ke dalam air wadah hingga ikan itu tertidur.

Mulut ikan itu sedikit disembulkan atas permukaan air supaya bisa disisipkan tang untuk menarik kerikil tersebut.

Marsh mengatakan bahwa konsultasi darurat dengan dokter berbiaya lebih dari 100 dolar Australia, kemudian ditambah 400 dilar Australia untuk anestesi dan menginap semalam di rumah sakit. Namun kemudian Conquer baik-baik saja.

Harga emas 18 karat sekitar 41 dolar Australia per gram, sehingga biaya menolong Conquer setara dengan kira-kira 13 gram emas 18 karat. Nah, itulah ikan mas sesungguhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.