Sukses

Jet Ski Listrik Bebas Polusi

Proyek senilai 15.000 dolar Australia itu berhasil diselesaikan dalam waktu 2,5 tahun dan dikerjakan oleh mahasiswa dari tiga generasi.

Liputan6.com, Canberra - Motor Jet Ski listrik bebas polusi ini diciptakan oleh Michael Estott, salah satu mahasiswa Fakultas Teknik Mesin Universitas Australia Barat (UWA).

Motor jet ski listrik buatannya ini, begitu dinyalakan tidak terdengar suara sama sekali dan bahkan ketika dinyalakan mesinnya tidak meninggalkan jejak bau bensin.

Butuh waktu 3 jam untuk mengisi aliran listrik di saklar utama atau hanya sekitar 7 menit pada stasiun pengisian kendaraan listrik, mesin jet ski ini tidak mengeluarkan bunyi apapun dan tidak menghasilkan emisi gas.

Alex Beckley, yang bekerja pada rancangan awal motor jet ski listrik model baru ini mengaku motor jet ski buatannya sangat nyaman digunakan.

"Ketika pertama mengendarainya, Anda perlu mengaktifkannya, tidak ada suara yang terdengar, tidak ada bunyi mesin meraung-raung untuk mengatakan bahwa mesin Anda siap digas dan kendaraan itu bergerak," katanya seperti dikutip dari Australia Plus, Sabtu (24/10/2015).

"Ini adalah pengalaman yang benar-benar aneh karena saya biasa mengendarai mesin jet ski konvensional."

Proyek senilai 15.000 dolar Australia itu berhasil diselesaikan dalam waktu 2,5 tahun dan dikerjakan oleh mahasiswa dari tiga generasi.

Professor Thomas Braunl, Direkrut Proyek Kendaraan Energi Terbarukan di Univresitas Australia Barat meneliti proyek ini.

"Kebanyakan orang tidak suka dengan jet ski karena mencemari lingkungan dan juga bising, tapi dengan menggunakan motor jet ski listrik ini kami berhasil menghilangkan kedua anggapan buruk tersebut," kata Professor Braunl.

Motor jet ski bebas polusi ini menggunakan 2 mesin baterai ganda yang terisolasi, dan mesin listrik berdaya 50 kilowatt yang terbungkus dalam kotak pelindung kedap air.

"Kami sedang berhadapan dengan arus yang sangat tinggi dan tegangan yang cukup tinggi dan kami tidak ingin ada yang terluka dengan cara apapun," ucap Beckley.

"Jadi setiap langkah dari proyek ini semuanya sudah dipastikan tahan air, tahan air ganda dan sebagainya dan sebagainya.

"Ini merupakan proses yang lambat tapi melihatnya hari ini di air adalah mimpi yang menjadi kenyataan."

Para siswa tidak mengukur berapa kecepatan maksimal motor jet ski ciptaannya tapi mereka meyakini dalam pengembangan lebih lanjut nantinya motor jet ski bebas polusi ini akan secepat kendaraan sejenis lainnya. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini