Sukses

80 Tahun Sengketa Hak Cipta Lagu "Happy Birthday to You" Berakhir

Liputan6.com, Los Angeles - Lagu “Happy Birthday to You” mungkin sudah biasa didengar dalam pesta-pesta ulang tahun. Namun, ternyata, di balik itu, terdapat kesangkutmarutan siapa yang berhak memegang hak cipta. Pencipta melodi Mildred Hill bersaudara kah? Yang pertama kali membuat melodi lagu tersebut dengan judul awal 'Good Morning to All' untuk anak-anak TK pada tahun 1889, atau yang lainnya?

Lagu yang begitu sederhana dan 'kena' di telinga ini akhirnya menjadi hak cipta tak bertuan. Hingga perusahaan rekaman Clayton F. Summy Co. berhasil mendapatkan hak cipta pada tahun 1935. 'Perebutan' hak cipta tidak hanya sampai di sini. Pada tahun 1988, Warner berusaha mendapatkan keseluruhan hak cipta termasuk melodi dan lirik. 

Namun, pada Selasa 22 September 2015 Hakim Federal George H. King menghentikan perebutan hak milik ini. Summy Co hanya mendapatkan hak cipta di beberapa perubahan melodi piano, bukan keseluruhan lagu.

Dengan demikian, keputusan ini membuat tak seorang pun berhak meminta keuntungan apabila lagu ini dipakai untuk segala kebutuhan komersil dan rekaman. 

Belum lama ini sebuah sebuah kelompok mengajukan gugatan yang mempertanyakan buku lagu pada tahun 1922 yang berisi lagu “Happy Birthday” itu namun tanpa menyebutkan soal hak cipta.

Kepada Los Angeles Times, Randall Newman, pengacara untuk penggugat merasa lega, katanya, "Lagu Happy Birthday akhirnya bebas setelah 80 tahun. Akhirnya, permasalahan ini berakhir. Sulit sekali untuk dipercaya."

Perusahaan rekaman Warner yang berbasis di New York itu telah meraup sedikitnya 50 juta dollar (senilai lebih dari 735 miliar rupiah) dari lagu itu sejak memperoleh hak ciptanya pada tahun 1988.

Sang hakim mengatakan bahwa bukti yang ada mengidikasikan kakak-beradik Patty dan Mildred Hill “tidak mengajukan hak paten tingkat federal” ketika menciptakan lagu tersebut pada tahun 1889. Upaya hak cipta pertam kali dilakukan pada tahun 1935, ketika lagu itu sudah tersebar di masyarakat.

Michael Donaldson, pengacara penggugat sebelumnya mengungkapkan kepada Washington Post, “Sudah terlalu lama Warner/Chapell mengeruk uang dari banyak pihak. Lagu ini adalah milik semua warga Amerika Serikat.”

Pihak Warner/Chappell rekanan Warner Music menyatakan kepada Washington Post,  "Kami akan pelajari kembali pendapat pengadilan dan memikirkan rencana selanjutanya."

Sementara itu, sebuah buku sketsa berisikan satu-satunya manuskrip versi asli karangan Mildred Hill baru-baru ini ditemukan di antara sekumpulan barang yang sebelumnya disumbangkan puluhan tahun lalu kepada University of Louisville di Kentucky. Dalam manuskrip itu nyanyian Happy Birthday masih berjudul "Good Morning to All”. (Alx/Rcy/Rie)