Sukses

23-7-1984: Skandal Foto Seronok Ratu Kecantikan AS

Prestasi menjadi ratu kecantikan semakin sempurna setelah Vanessa mengukir sejarah di ajang Miss America.

Liputan6.com, Washington - Vanessa Lynn Williams, nama ini sangat tersohor di Negeri Paman Sam. Perempuan yang lahir di Millwood New Jersey itu pernah dimahkotai sebagai ratu kecantikan Amerika Serikat atau Miss America 1984.

Perempuan yang lahir pada 18 Maret 1963 ini adalah wanita Amerika keturunan Afrika pertama yang berhasil merebut gelar itu. Wajahnya yang cantik dan kulit yang eksotis membuat dewan juri kepincut dan menjadikannya pemenang pada malam final 17 September 1983.

Namun, takhtanya sebagai perempuan paling cantik di AS berusia singkat. Pada 23 Juli 1984, nasib Vanessa berubah total. Ia pun kehilangan mahkota dan gelar sebagai ratu kecantikan AS.

Keputusan membatalkan gelar Vanessa bukan tanpa alasan. Pangkal masalahnya adalah ketika seorang juru foto asal New York, Thomas Chiapel, menjual foto-fotonya yang minim busana. Bahkan tanpa selembar benang pun.

Foto yang dijual oleh Chiapel ke majalah dewasa Penthouse adalah gambar Vanessa yang seronok, yang dijepret ketika mantan Miss New York itu masih bekerja di agensi model Mt. Kisco.

Perlakuan culas dari Chiapel sontak membuat Vanessa naik pitam. Pasalnya, hal tersebut dilakukan tanpa sepengetahuannya.

Vanessa pun memutuskan mengajukan gugatan kepada Penthouse dan Chiapel. Hasilnya memuaskan. Foto tersebut akhirnya ditarik dari peredaran.

Meski demikian, karena saat itu Miss AS selalu menampilkan citra positif sosok wanita, Vanessa --dalam kondisi terpaksa-- memutuskan menyerahkan gelar tersebut.

Namun, keterpurukan Vanessa tak berlangsung lama. Dirinya memilih bangkit dan bergerak dari masa kelamnya itu.

Alhasil, pascaskandal foto seronok, Vanessa yang mencoba perutungannya di dunia hiburan justru merengkuh sukses. Beberapa lagunya seperti Save the Best for Last berhasil merajai tangga lagu AS dan dunia.

Vanessa yang juga sempat tampil di beberapa film mengatakan sangat bersyukur bisa bangkit dari keterpurukan. Kekhawatirannya bahwa skandal foto seronok akan menghancurkan hidupnya, sama sekali tak terwujud.

"Kesuksesan merupakan balas dendam yang paling manis," ucap Vanessa di dalam satu kesempatan, seperti dikutip dari History Chanel, Kamis (22/7/2015).

Pada hari tanggal yang sama di 1929, sejarah besar juga terjadi di AS. Mantan istri Presiden John F Kennedy, Jacqueline Kennedy Onassis, lahir ke dunia.

Selain itu, di 1995, keluarga besar ASEAN resmi bertambah. Hal ini ditandai dengan masuknya Vietnam jadi negara ke-10 di Asosiasi Negara Asia Tenggara itu. (Ger/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini