Sukses

Truk Mogok Dihidupkan dengan Cara Tak Biasa

Sebuah truk yang mogok dapat dijalankan kembali dengan suatu cara yang unik.

Liputan6.com, Bengali Barat Sebuah truk yang mogok dapat dijalankan kembali dengan suatu cara yang unik. Dalam video YouTube yang diunggah oleh Stan McGee ini ditayangkan bagaimana sejumlah pria di Bengal Barat India menyalakan kembali truk yang kehabisan daya baterai.

Roda penggerak truk diangkat alias tidak menyentuh tanah dengan cara mendongkraknya. Kemudian roda tersebut diputar dengan tenaga manusia, lalu gigi transmisi dipindahkan secara mendadak supaya menyambungkan gerakan putaran roda dengan mesin truk tersebut.

Namun demikian, ada sejumlah komentar yang mengatakan hanya truk dengan mesin diesel saja yang dapat dinyalakan tanpa memerlukan daya baterai. Hal ini dimungkinkan karena cara kerja mesin diesel memerlukan tekanan tinggi dalam ruang-ruang silinder, bukan letupan busi yang memerlukan sumber listrik.

Ada pula yang menduga pada transmisi manual truk tersebut, karena transmisi otomatis tidak memungkinkan cara menyalakan mesin dengan cara ini. Yang lain berpendapat keras, dengan mengatakan ini bukanlah contoh kecerdasan, melainkan contoh kecerobohan yang menyebabkan baterai truk kehabisan daya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini