Sukses

WOW: Robot Alat Bantu Untuk Berjalan

Sebuah robot unik diciptakan di Jepang dan dapat dipakai untuk mengatasi kesulitan berjalan pada manusia.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah robot unik diciptakan di Jepang dan dapat dipakai untuk mengatasi kesulitan berjalan pada manusia. Dalam video lawas yang ditemukan di YouTube, ditayangkan robot rangka luar (exoskeleton) ciptaan Cyberdyne dari Jepang. Robot itu diberi nama Hybrid Assistive Limb (HAL) itu.

Mengutip dari IEEE Spectrum, disebutkan bahwa ada sejumlah perusahaan dan laboratorium teknologi baik di AS maupun Jepang yang mencoba menciptakan robot yang dipakaikan kepada manusia untuk membantu kaum cacad dan para manula supaya mampu berjalan lagi. Atau bahkan, dalam penerapan militer, memberi kekuatan tambahan kepada para prajurit.

Perusahaan Cyberdyne oleh Professor Yoshiyuki Sankai, seorang kepala Cybernics Lab di University of Tsukuba di Jepang. Ia telah mengembangkan robot jenis ini sejak sekitar 15 tahun lalu.

Baju HAL ini beratnya sekitar 10 kilogram dan memiliki bingkai yang ringan yang diikatkan pada tubuh manusia. Pada sistem itu, terdapat motor-motor listrik yang berperan sebagai ‘otot’ yang memperkuat pergerakan anggota tubuh pengguna.

Sebelum dijajal oleh penulis teknologi Evan Ackerman dalam pameran CES2011 di AS, pakaian HAL hanya pernah di pakai di kalangan dalam perusahaan Cyberdyne.

Kekuatan alat ini disesuaikan dengan keperluan pasien penggunanya. Untuk orang yang masih kuat, robot ini diatur pada ambang 1. Pada pengguna yang lemah, kekuatan robot ini dapat diatur hingga ambang 4.

Lebih hebat lagi, robot ini memiliki sensor yang dipasangkan kepada sistem syaraf manusia sehingga robot itu dapat mengerti gerakan apa yang sebetulnya sedang akan dilakukan oleh pemakainya. (Alx/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini