Sukses

Kekuatan Perhatian Manusia

Suatu iklan mobil di Inggris dikemas dalam nuansa psikologi yang unik.

Liputan6.com, Jakarta Suatu iklan mobil di Inggris dikemas dalam nuansa psikologi yang unik. Dalam klip video yang diunggah oleh perusahaan mobil Å KODA di Inggris, iklan itu menantang pemirsa untuk memilih pusat perhatian (attention) mereka dalam menyikapi suatu suasana.

Latar belakang psikologi untuk hal ini dikenal dengan ‘selective attention’ dan pernah diperkenalkan kepada khalayak oleh du ahli psikologi Dr. Daniel Simons dan Dr. Christopher Chabris melalui uji coba terkenal menggunakan ‘gorila’ yang berseliweran di tengah-tengah para pemain bola basket.

Merujuk kepada Huffington Post, pembelajaran ini membuktikan bagaimana suatu konsentrasi yang kuat membuat seseorang menutup diri dari hal-hal lain di sekitar kejadian yang sedang diamatinya.

Para ahli psikologi sudah lama menengarai bahwa perhatian terpilih (konsentrasi ketat pada satu hal) mempengaruhi cara bagaimana seseorang memandang dunia.

Selanjutnya, ahli psikologi Dr. Polly Dalton dari Royal Holloway-University of London membuktikan melalui percobaan yang mirip, bahwa fenomena ini bukan hanya pada perhatian yang bersifat penglihatan (visual), tapi pada perhatian yang bersifat suara (aural).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini