Sukses

Penampakan Planet yang sedang Tersenyum

Liputan6.com, Jakarta- Tak hanya di animasi film saja, planet di luar angkasa sesungguhnya bisa berotasi dan 'tersenyum. Hal ini benar-benar terjadi dalam salah satu peristiwa di Galaksi Hubble pada tahun 2009 lalu.

Setiap beberapa puluh tahun sekali, planet-planet tersebut akan berotasi hingga di satu titikĀ  tertetntu dan kemudian mengalami lensa gravitasi.

Gambar yang diambil oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menunjukkan bahwa bagian mata dalam foto adalah galaksi, tetapi mulut tersenyum (dan garis wajah) adalah karena gravitasi yang intens.

Dilansir melalui The Canadian News, Jumat (13/2/2015), kluster galaksi adalah hal yang paling besar di alam semesta kita. Karena mereka begitu besar, tarikan gravitasi intens mereka melengkungkan ruang-waktu dan bertindak seperti lensa. Mereka memperbesar dan mendistorsi setiap cahaya yang ada di belakang mereka. Peristiwa langka ini biasanya hanya terjadi selama 30 menit. (Liz)

This image, taken by Hubble in 2009, shows another effect of gravitational lensing. You can see how the one galaxy at the bottom seems stretched out.

Loading