Sukses

Selamat dari Kecelakaan Pesawat, Gadis Ini Menuai Pujian

Keberanian gadis itu bangun dari situasi kritis dan mencari pertolongan menuai banyak pujian. Kendati kedua orangtuanya tewas.

Liputan6.com, Kentucky - Seorang bocah perempuan berusia 7 tahun selamat dari kecelakaan pesawat di Kentucky, Amerika Serikat. Keberaniannya bangun dari situasi kritis dan mencari pertolongan menuai banyak pujian. Kendati, akibat insiden itu, kedua orangtua, kakak dan sepupunya tewas.

Anak perempuan yang berasal dari Nashville, Illinois itu diketahui bernama Sailor Gutzler. Ia berjalan sejauh hampir dua kilometer menelusuri hutan yang gelap dan dingin dengan luka-luka di sekujur tubuhnya untuk mencari rumah warga terdekat untuk mencari pertolongan pasca kecelakaan pesawat.

Warga Lyon County, Larry Wilkins (71) mengaku dirinya membukakan pintu untuk "gadis pemberani" tersebut pada hari kejadian, Jumat 2 Januar 2014. Bocah itu kemudian mengatakan orangtuanya telah meninggal.

Kata dia, Sailor berjalan 1,6 km melewati hutan lebat dengan suhu sekitar 4 derajat Celcius untuk mencapai rumahnya di Lyon County pada malam hari. "Saya saja enggan melewati hutan rimba itu pada siang hari," ujar Larry kepada BBC, yang dikutip Liputan6.com, Selasa (6/1/2015).

Usai mendapat laporan langsung dari Sailot, petugas kemudian melakukan pencarian. Pesawat itu ditemukan pada hari Jumat, sekitar 30 mil (50km) timur kota Paducah bersama jenazah orang tua, kakak, dan sepupu gadis kecil itu.

Sailor Gutzler (CNN)


Kepolisian negara bagian Kentucky merinci anggota keluarga yang tewas adalah Marty Gutzler, 49, dan Kimberly Gutzler, 45, putri mereka yang berusia 9 tahun, Piper Gutzler, dan sepupu Piper yang berumur 14 tahun, Sierra Walder.

Wilkins menambahkan, Sailor menangis dan jelas terlihat bahwa ia "telah melewati situasi bagaikan di neraka". "Hidungnya berdarah dan kakinya tergores parah."

Dia menduga anak itu mengikuti arah cahaya lampu dari rumahnya. "Bisakah Anda bayangkan anak berusia 7 tahun kehilangan ibu, adik dan sepupunya dalam kecelakaan pesawat dan kemudian harus berjalan seperti yang dia lakukan dari sana ke sini?"

Anak itu dilaporkan telah keluar dari rumah sakit pada hari Sabtu setelah dirawat karena sejumlah luka ringan yang dideritanya.

Letnan Brent White dari kepolisian negara bagian Kentucky mengatakan Sailor merupakan sosok anak luar biasa yang kuat.

"Saya sendiri mempunyai anak berusia 8 tahun. Dan ini benar-benar sebuah keajaiban ketika saya mengetahui ada anak berusia tujuh tahun bisa bertahan hidup, dengan berjalan sendirian melewati hutan lebat dan beberapa daerah yang betul-betul sulit, serta kondisi cuaca buruk yang mengerikan".

Pesawat kecil tersebut diduga kuat mengalami kecelakaan karena masalah teknis. Administrasi penerbangan federal mengatakan pengatur lalu lintas udara kehilangan kontak dengan pesawat jenis Piper PA-34 setelah pilot melaporkan masalah pada mesin. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini