Sukses

Video 'Reinkarnasi' Bruce Lee dari Afghanistan

Abbas Alizada memiliki perawakan yang mirip dengan Bruce Lee. Lihat saja aksinya dalam video berikut ini.

Liputan6.com, Kabul - Beberapa pekan lalu, Abbas Alizada hanyalah seorang remaja Afganistan biasa yang memiliki mimpi besar. Namun setelah mengunggah fotonya di Facebook, dengan tampil mirip 'reinkarnasi' Bruce Lee, penggemar Kung Fu dari Kabul ini mendadak menjadi populer di media sosial.

Kepopulerannya tidak membuatnya kaya, tetapi remaja 21 tahun ini memiliki harapan besar, setelah foto berjudul "Naga lama - Naga baru" itu menyebar luas.

Tokoh bela diri seperti Jackie Chan atau Bruce Lee memang selalu populer di Afghanistan dan film-film mereka tersedia di pasar-pasar lokal. Abbas -- seperti banyak penggemar lain -- mencoba meniru dan berniat untuk belajar ilmu itu dengan benar.

Abbas berusia 14 tahun ketika dia tertarik dengan film aksi Bruce Lee. Dia sempat berlatih di klub olahraga Kabul, tetapi karena kesulitan keuangan, ia akhirnya hanya bisa berlatih di rumah.

Situasi semakin sulit ketika ayahnya, Mohammad Reza menderita stroke yang membuatnya lumpuh sebagian.

Meski demikian, keluarga berharap Abbas masih bisa mencapai impiannya. "Anakku memulainya dari nol, ketika dia berusia 14 tahun. Karena kami miskin dan tidak bisa membayar latihan, semuanya terhenti," kata Mohammad seperti dikutip dari BBC, Kamis (11/12/2014).

"Saya berdoa kepada Tuhan, agar anakku bisa meraih mimpinya menjadi Bruce Lee masa kini."

Menjadi populer

Dalam pertemuannya dengan wartawan BBC Persia, Kawoon Khamoosh, Abbas terlihat begitu senang menunjukan keahliannya yang mirip dalam film Bruce Lee Fist of Fury dan Way of the Dragon.

"Saya mau Anda mengambil fotonya," kata Abbas, "supaya orang-orang percaya bahwa saya adalah Bruce Lee dari Afghanistan."

Dia mengatakan, ingin menjadi aktor bela diri terkenal. Walau mengaku tak mungkin bisa menandingi idolanya, Bruce Lee. Namun setidaknya dia telah mendapat perhatian banyak orang.

Telepon Abbas terus berdering sejak namanya menjadi buah bibir. Setiap hari ia menerima ratusan permintaan pertemanan dan pesan di sosial media.

Abbas mengaku sudah cukup bangga karena telah 'membangkitkan' Bruce Lee kembali. Dengan 'reinkarnasi' dirinya.

"Bruce Lee adalah panutan bagi masyarakat kami, sebagai seorang atlet dan sebagai orang biasa. Dia tidak akan tergantikan. Aku mungkin bukan Bruce Lee, tapi aku akan melanjutkan jalannya sampai mati," tegas Abbas. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini