Sukses

Bayar Rp 11 M Demi ke Luar Angkasa Bareng Leonardo DiCaprio

Leonardo DiCaprio direncanakan akan menaiki pesawat suborbital SpaceShipTwo milik Virgin Galactic pada tahun 2015.

Liputan6.com, Cannes - Pergi ke angkasa luar, menyaksikan Bumi yang biru, adalah mimpi dan fantasi banyak manusia. Tapi itu saja belum dianggap cukup menarik. Seseorang baru saja mengeluarkan uang hampir US$ 1 juta demi mengangkasa bersama aktor ganteng Leonardo DiCaprio.

DiCaprio direncanakan akan menaiki pesawat suborbital SpaceShipTwo milik Virgin Galactic pada tahun 2015. Kursi yang sama dalam penerbangan sang aktor dijual 700 ribu euro atau lebih dari Rp 11 miliar per orang dalam pelelangan amfAR, dekat Cannes, Prancis. Uang tersebut termasuk sumbangan untuk penelitian AIDS. Demikian Liputan6.com kutip dari situs sains SPACE.com, Sabtu (24/5/2014).

Tiket terbang bersama DiCaprio terisi dengan cepat. Pada lelang amfAR tahun lalu, 3 kursi lain terjual senilai total Rp 44 juta. SpaceShipTwo dapat menampung 6 penumpang dan 2 pilot.

SpaceShipTwo didesain untuk dibawa ke ketinggian sekitar 15.000 meter oleh pesawat induk yang diberi nama, WhiteKnightTwo. Setelah dilepaskan, roket akan menyala dan membawa manusia yang ada di dalamnya ke angkasa suborbital.

"Para penumpang yang ada dalam SpaceShipTwo akan bisa melihat Bumi bersinar kebiruan dengan latar belakang angkasa yang gelap selama beberapa menit, dalam kondisi tanpa bobot (tanpa gravitasi)," demikian diungkap perwakilan Virgin Galactic.

Tiket biasa, tanpa si ganteng Leonardo DiCaprio, dibanderol seharga US$ 250 ribu atau Rp 2,9 miliar. Sampai saat ini sejumlah orang sudah membayarkan uang muka. DiCaprio bukan satu-satunya pesohor yang akan mengangkasa ke luar Bumi. Ashton Kutcher dan Angelina Jolie sudah memesan tiket, pun dengan penyanyi kontroversial Justin Bieber.



Sementara, pendiri Virgin Galactic, triliuner Sir Richard Branson mengatakan, dia dan keluarganya akan menjadi penumpang penerbangan perdana SpaceShipTwo.

Penerbangan perdana bisa jadi dilakukan suatu hari di tahun 2014. Virgin Galactic sejauh ini telah melakukan puluhan uji terbang dengan SpaceShipTwo, termasuk 3 percobaan di mana pesawat itu menyalakan mesin roket setelah dilepaskan dari WhiteKnightTwo.

SpaceShipTwo adalah generasi terbaru dari SpaceShipOne yang memenangkan sayembara Ansari X Prize bernilai US$ 10 juta pada tahun 2004, dengan menjadi pesawat luar angkasa swasta pertama yang terbang dan kembali dua kali dalam rentang dua minggu.

Virgin Galactic bukan satu-satunya perusahaan yang menawarkan penerbangan suborbital. Lainnya adalah XCOR Aerospace, yang menjual tiket penerbangan dalam pesawat roket Lynx berkursi tunggal seharga US$ 95.000 atau Rp 1,1 miliar.

Lynx diperkirakan mulai beroperasi secara komersial sekitar waktu yang sama dengan SpaceShipTwo. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini