Sukses

Shampo yang Bagus untuk Rambut Rontok, Ini Deretan Kandungannya!

Shampo yang bagus untuk rambut rontok kerap dicari oleh sebagian orang, baik pria maupun wanita.

Liputan6.com, Jakarta Shampo yang bagus untuk rambut rontok kerap dicari oleh sebagian orang, baik pria maupun wanita. Pasalnya, sudah banyak orang yang mengalami rambut rontok dan membutuhkan shampo yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Fyi, rambut rontok bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk genetik, hormonal, pola makan, stres, serta perawatan rambut yang tidak tepat. Rambut rontok yang berlebihan tidak hanya memengaruhi penampilan fisik tetapi juga dapat berdampak pada kepercayaan diri seseorang.

Untuk itu, penggunaan shampo yang bagus untuk rambut rontok menjadi salah satu langkah awal yang penting. Shampo yang diformulasikan khusus untuk rambut rontok pun biasanya mengandung bahan-bahan aktif yang dapat membantu mengurangi kerontokan dan memperkuat akar rambut.

Dengan kata lain, pemilihan shampo yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan memperbaiki kondisi rambut secara keseluruhan. So, mau tahu apa saja shampo yang bagus untuk rambut rontok untuk bisa kamu pakai sehari-hari?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kandungan Shampo yang Bagus untuk Rambut Rontok

Shampo yang bagus untuk rambut rontok biasanya mengandung bahan-bahan yang dirancang untuk memperkuat folikel rambut, merangsang pertumbuhan rambut baru, dan menjaga kesehatan kulit kepala. Berikut ini adalah beberapa kandungan yang sering ditemukan dalam shampo yang bagus untuk rambut rontok!

  1. Biotin: Biotin adalah vitamin B kompleks yang penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Ini membantu memperkuat folikel rambut dan mencegah rambut rontok.
  2. Kafein: Kafein dapat merangsang pertumbuhan rambut baru dengan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Hal ini dapat membantu mencegah rambut rontok.
  3. Niacin (Vitamin B3): Niacin membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, yang dapat memperkuat folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru.
  4. Keratin: Keratin adalah protein utama yang membentuk struktur rambut. Shampo yang mengandung keratin dapat membantu memperkuat rambut dan mencegah kerusakan.
  5. Minyak kelapa: Minyak kelapa kaya akan asam lemak yang dapat melembapkan kulit kepala dan rambut. Ini dapat membantu mengurangi kerontokan rambut yang disebabkan oleh kekeringan kulit kepala.
  6. Ekstrak tumbuhan: Beberapa shampo rambut rontok mengandung ekstrak tumbuhan seperti ginseng, rosemary, atau saw palmetto. Bahan-bahan ini diyakini memiliki sifat merangsang pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan.
  7. Minyak Argan: Minyak argan kaya akan antioksidan dan asam lemak esensial yang dapat memperbaiki dan memperkuat folikel rambut, serta melembapkan kulit kepala.
  8. Zat besi: Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kerontokan rambut. Shampo yang mengandung zat besi dapat membantu menjaga keseimbangan nutrisi di kulit kepala dan folikel rambut.
  9. Aloe Vera: Aloe vera memiliki sifat menenangkan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi kulit kepala dan memperkuat folikel rambut.
  10. Protein: Protein adalah bahan bangunan utama rambut. Shampo yang mengandung protein dapat membantu memperkuat rambut yang rapuh dan mencegah kerontokan.
3 dari 5 halaman

Cara Kerja Kandungan Shampo yang Bagus untuk Rambut Rontok

Shampo yang bagus untuk rambut rontok biasanya mengandung berbagai bahan aktif yang bekerja secara berbeda untuk memperkuat rambut dan merangsang pertumbuhan. Berikut ini adalah penjelasan secara lengkap dan ilmiah tentang cara kerja kandungan shampo dalam mengatasi rambut rontok.

Aktif Pembersih (Surfaktan)

Kandungan utama dalam shampo adalah surfaktan yang berfungsi membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran, minyak, dan debu yang dapat menyumbat pori-pori. Membersihkan rambut dan kulit kepala dengan baik merupakan langkah pertama dalam mencegah kerontokan rambut karena kebersihan kulit kepala yang baik mendukung pertumbuhan rambut yang sehat.

Ekstrak Botani dan Vitamin

Banyak shampo yang mengandung ekstrak botani seperti ekstrak aloe vera, ekstrak teh hijau, ekstrak lidah buaya, dan lain-lain. Ekstrak botani ini sering mengandung antioksidan dan nutrisi yang dapat merangsang pertumbuhan rambut sehat dan mencegah kerontokan. Selain itu, beberapa shampo juga diperkaya dengan vitamin seperti vitamin B5 (pantenol), vitamin E, dan vitamin lainnya yang membantu memperkuat rambut dan menjaga kesehatannya.

Bahan Penambah Volume

Beberapa shampo dirancang khusus untuk memberikan volume ekstra pada rambut. Bahan-bahan seperti protein keratin, protein gandum, atau polimer pengembang dapat membuat setiap helai rambut terlihat lebih tebal dan penuh, sehingga mengurangi penampilan rambut yang tipis atau rontok.

4 dari 5 halaman

Cara Kerja Kandungan Shampo yang Bagus untuk Rambut Rontok

Bahan Aktif untuk Merangsang Pertumbuhan Rambut

Shampo yang bagus untuk rambut rontok sering mengandung bahan aktif seperti minoxidil, ketoconazole, atau ekstrak saw palmetto yang telah terbukti secara ilmiah untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Misalnya, minoxidil bekerja dengan melebarkan pembuluh darah di kulit kepala, meningkatkan aliran darah ke folikel rambut, dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Pelembap dan Peptida

Beberapa shampo mengandung bahan pelembap seperti minyak alami (misalnya, minyak argan, minyak kelapa) dan peptida (fragmen dari protein) yang dapat menutrisi rambut dan menjaga kelembapannya. Rambut yang sehat dan terhidrasi cenderung lebih kuat dan kurang rentan terhadap kerontokan.

Pengendali Hormon Dihydrotestosterone (DHT)

Hormon DHT adalah faktor utama dalam menyebabkan penipisan rambut pada pria dan wanita. Beberapa shampo anti-kerontokan mengandung bahan-bahan seperti ketoconazole atau ekstrak saw palmetto yang dapat menghambat produksi atau mengurangi kadar DHT di kulit kepala, sehingga membantu mengurangi kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor hormonal ini.

Perlindungan terhadap Kerusakan Lingkungan

Terakhir, beberapa shampo mengandung bahan-bahan yang dirancang untuk melindungi rambut dari kerusakan lingkungan seperti sinar UV, polusi, dan kerusakan akibat panas (misalnya, dari penggunaan alat penata rambut panas seperti hair dryer atau catokan).

Dengan menggabungkan berbagai bahan aktif tersebut, shampo yang bagus untuk rambut rontok bekerja untuk membersihkan, merangsang pertumbuhan, menguatkan, dan melindungi rambut secara keseluruhan, membantu mengurangi kerontokan dan meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan.

5 dari 5 halaman

Pilih Shampo yang Bagus untuk Rambut Rontok

Setelah mengetahui berbagai kandungan yang ada, kamu perlu memilih shampo yang bagus untuk rambut rontok secara tepat. So, kamu harus ikuti langkah-langkah di bawah ini, ya!

Identifikasi Penyebab Rambut Rontok

  • Faktor Genetik: Jika rambut rontok disebabkan oleh faktor genetik, perawatan hanya dapat mengurangi gejala, bukan menyembuhkan secara permanen.
  • Kesehatan Kulit Kepala: Kulit kepala yang sehat mendukung pertumbuhan rambut yang baik. Penyakit kulit kepala seperti dermatitis seboroik atau psoriasis dapat memicu rambut rontok.
  • Gangguan Hormonal: Perubahan hormon, seperti yang terjadi selama kehamilan atau menopause, dapat menyebabkan rambut rontok.
  • Gangguan Kesehatan: Kondisi medis seperti kekurangan zat gizi, gangguan tiroid, atau kondisi autoimun dapat menyebabkan rambut rontok.

Hindari Bahan-Bahan yang Berpotensi Merusak

  • Sulfat: Bahan kimia yang dapat membuat rambut kering dan menyebabkan iritasi kulit kepala.
  • Paraben: Bahan pengawet yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang.
  • Silikon: Meskipun dapat memberikan tampilan rambut yang halus, dapat mengakibatkan penumpukan dan membuat rambut terlihat kusam.

Uji Coba dan Evaluasi

  • Cobalah beberapa merek shampo yang berbeda dan perhatikan bagaimana rambut bereaksi.
  • Berikan waktu beberapa minggu untuk melihat hasilnya, karena perubahan dalam kondisi rambut tidak selalu terjadi secara instan.

Perhatikan Kebutuhan Tambahan

  • Kondisioner: Gunakan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut untuk memberikan kelembapan tambahan dan perlindungan.
  • Perawatan Tambahan: Selain shampo, pertimbangkan untuk menggunakan perawatan tambahan seperti serum atau masker rambut untuk memberikan perawatan yang lebih intensif.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini