Sukses

Panduan Memilih Kandungan yang Tepat untuk Produk Skincare bagi Setiap Usia

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda juga sudah sering mendengar bahwa kunci utama memilih skincare adalah mengetahui jenis kulit diri sendiri. Setelah itu, penting untuk menyesuaikan produk skincare yang digunakan dengan jenis kulit itu sendiri, seperti kandungan yang tepat untuk setiap tahapan usia.

Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi, dilansir dari purewow.com, Rabu (8/8/2018), berikut ini adalah panduan memilih kandungan skincare untuk setiap usia. Penasaran kandungan apa yang paling tepat untuk usia Anda saat ini?

1. 0+ : SPF

Tidak perlu dipertanyakan lagi, perlindungan matahari harus diberikan tanpa memandang usia. Kulit Anda akan menunjukkan lebih sedikit tanda-tanda penuaan jika menggunakan tabir surya secara rutin.

2. 20-an : Asam Alfa Hidroksi

Di usia 20-an, mungkin Anda sedang berperang melawan jerawat yang sulit diatasi, benar? Produk pengelupasan kulit yang lembut akan membantu menghaluskan dan mencerahkan kulit, selagi menstimulasi kolagen, agar kulit tetap terhidrasi dan kenyal.

Carilah produk skincare, berupa pembersih, serum, dan pelembap yang mengandung asam glikolat atau asam laktat. Kandungan skincare tersebut akan membuat kulit Anda bersih dan tetap muda.

 

1 dari 3 halaman

3. 30-an : Retinol

Kolagen dan elastin akan menurun di usia 30-an. Namun, jangan khawatir, karena retinol yang merupakan turunan dari vitamin A dapat membantu mendorong pergantian sel yang sehat.

Selain itu, retinol juga dapat mencerahkan hiperpigmentasi, dan mengobati, serta mencegah keriput. Gunakan pada malam hari untuk membuat tampilan kulit yang lebih muda di pagi hari.

4. 40-an : Antioksidan

Setelah mencapai usia 40-an, tingkat perputaran sel akan dua kali lebih lambat, tidak sama ketika Anda berusia 20-an. Ini berarti kulit Anda akan jauh lebih rentan terhadap jaringan parut, keriput, dan pigmentasi.

Antioksidan sangat penting pada tahapan usia ini, karena dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan. Anda bisa mencoba produk skincare yang mengandung vitamin C, vitamin B, dan resveratrol.

2 dari 3 halaman

5. 50-an : Minyak

Usia 50-an adalah saat kulit Anda kurang efektif dalam mempertahankan air, sehingga mengisi kelembapan adalah kuncinya. Minyak adalah bentuk hidrasi yang paling terkonsentrasi, jadi carilah produk skincare dengan kandungan utamanya minyak.

6. 60-an : Ceramid

Jika Anda belum pernah mendengar nama kandungan skincare yang satu ini, Ceramid sangat penting untuk meningkatkan hidrasi dan tekstur keseluruhan kulit. Ceramid adalah molekul yang bertugas mengikat sel-sel kulit, membentuk lapisan pelindung yang mengembang, dan menjaga hal-hal baik di kulit, serta mempertahankannya tetap terhidrasi.

Di tahapan usia ini, tubuh Anda akan berhenti membuat molekul-molekul secara alami, sehingga penting untuk memulihkannya sendiri. Molekul ini secara efektif dapat meremajakan permukaan kulit dan menjadi penghalang alami pada tingkat sel, ketika digunakan secara rutin setiap hari.

Artikel Selanjutnya
5 Cara Favorit Bebaskan Kulit dari Selulit
Artikel Selanjutnya
7 Kesalahan dalam Merawat Kulit yang Kerap Terjadi di Pagi Hari