Sukses

Galakkan 5 Kebiasaan Sebelum Tidur untuk Turunkan Berat Badan

Berikut lima kebiasaan sebelum tidur yang bisa membantu turunkan berat badan

Liputan6.com, Jakarta Menurunkan berat badan memerlukan usaha yang rutin dan konsisten. Selain olahraga, dibutuhkan kebiasaan-kebiasaan lainnya untuk memiliki berat badan ideal. Kebiasaan ini dimulai dari saat sebelum tidur.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sesaat sebelum tidur, agar berat badan turun secara perlahan. Seperti melansir dari situs Allwomanstalk, Selasa (3/7/2018), berikut beberapa kebiasaan sebelum tidur yang bisa menurunkan berat badan.

1. Jangan makan setelah jam 7 malam

Coba ubah kebiasaan makan malam di bawah pukul 19.00 WIB. Hal ini dilakukan untuk memberikan waktu yang cukup bagi tubuh mencerna makanan sebelum Anda tidur.

Makan malam lebih cepat juga dapat menjaga metabolisme tubuh, sehingga menghindari lapar di malam hari. Pilihlah menu makan malam yang tinggi ptotein agar merasa kenyang lebih lama dan secara perlahan berat badan menurun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menurunkan berat badan

2. Me time

Selama hari kerja, cobalah untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk diri sendiri di rumah. Karena jika sepulang bekerja Anda berkumpul dengan teman dan saudara dapat membuat pilihan makanan yang tidak sehat.

Anda bisa berkumpul saat weekend agar diet selama seminggu berhasil. Sebelum tidur lakukanlah hal-hal yang membuat rileks seperti membaca buku atau mendengarkan musik.

3. Segelas susu hangat

Minumlah segelas susu hangat sebelum tidur. Susu mengandung protein kasein yang membantu membangun dan mempertahankan otot tanpa lemak di dalam tubuh. Rutin mengonsumsi segelas susu hangat sebelum tidur dapat meningkatkan metabolisme tubuh saat Anda tertidur.

 

3 dari 3 halaman

Menurunkan berat badan

4. Pencahayaan ruangan

Buat ruangan Anda segelap mungkin saat akan tidur. Hal ini untuk menghambat perkembangan melatonin dalam tubuh. Tidur dengan keadaan kamar yang gelap cenderung tidak akan bangun dan lapar di tengah malam. Anda juga bisa menggunakan penutup mata saat tidur malam.

5. Rencanakan menu untuk esok hari

Anda bisa merencanakan menu makanan untuk esok hari pada saat malam sebelum tidur. Jika Anda sudah mengagendakan untuk makan sehat, tentu akan menjadi lebih mudah melakukannya. Hindari untuk mengonsumsi camilan seperti keripik dan permen yang berlebihan, agar diet sehat Anda tidak sia-sia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.