Sukses

Indahnya Alam Sumatera Barat dalam Koleksi Ria Miranda

Liputan6.com, Jakarta Tanah Sumatera yang kaya dan menyimpan banyak pemandangan alam yang indah memiliki keistimewaan sendiri bagi Ria Miranda. Sebagai wanita berdarah Minang yang lahir dan tumbuh besar di Pulau Sumatera, membangun ikatan kuat yang akhirnya menjadi sumber inspirasi Ria Miranda menghadirkan koleksi terbarunya Swarnadwipa.

Swarnadwipa sendiri dalam bahasa sansekerta berarti pulau emas. Swarnadwipa merupakan sebutan bagi pulau Sumatera yang diberikan oleh para pendatang yang berasal dari India. Budaya Sumatera yang kaya simbol-simbol penuh makna, diakui Ria Miranda menjadi mood karya koleksi kali ini. Ria Miranda mengangkat keindahan kain songket bersulam benang emas khas Sumatera Barat sebagai highlight dari koleksi kolaborasi Swarnadwipaini.

Ria Miranda juga menggunakan motif berupa bunga-bunga yang jamak ditemui di pola kain songket. Pada kain songket tradisional motif bunga merupakan wujud perkembangan Islam di tanah Sumatera.

 

 

2 dari 3 halaman

Koleksi terbaru Ria Miranda

Selain itu, menggunakan songket pada koleksinya juga merupakan wujud apresiasi Ria Miranda terhadap perempuan Sumatera yang melalui tangan-tangan terampil dan kehati-hatian mereka menghasilkan kain songket yang indah. Pengerjaan kain tenun membutuhkan waktu paling cepat satu bulan. Keterampilan ini diwariskan turun temurun, dari orangtua yang diturunkan ke anak-anak mereka.

Selain menjadi desain sarat pesan, koleksi Ria Miranda kali ini mengolaborasi nilai tradisional dari kekayaan Indonesia engan budaya modern yang tengah berkembang saat ini. Seperti warna keemasan dari motif bunga keemasan yang biasanya ada di kain songket khas Sumatera Barat dipadu padankan dengan warna pastel khas Ria Miranda yang diolah dengan desain cantik dan berkualitas yang nyaman untuk digunakan.

3 dari 3 halaman

Koleksi terbaru Ria Miranda

Koleksi terbaru Swarnadwipa dari Ria Miranda ini berkolaborasi dengan e-commerce Blibli mulai 5 Maret 2018. Kesamaan misi untuk melestarikan kebudayaan Indonesia membuat kolaborasi ini menghasilkan koleksi memukau.

“Sebagai perancang busana muslim yang masih muda, kami mengapresiasiide-ide kreatif Ria Miranda. Pada koleksi Swarnadwipa yang mengangkat kebudayaan asli Indonesia tersimpan pula pesan khusus untuk menghargai tangan-tangan terampil yang ada dibalik megahnya kain songket,” kata Desey Muharlina Bungsu Vice President Fashion Wanita Blibli.com.