Sukses

Apa Pentingnya Mengetahui Jenis Pelembap yang Anda Gunakan?

Liputan6.com, Jakarta Ketika memilih pelembap tubuh, apa yang Anda lihat dari produknya? Apakah seberapa halus pelembap tersebut terasa di kulit Anda? Atau berapa harganya?

Jika Anda pernah melihat produk pelembap dengan istilah seperti "rekomendasi ahli kulit" atau "hypoallergenic," hal ini mungkin akan mengecewakan. Sebuah penelitian terhadap 100 pelembap terlaris di dunia menemukan bahwa harga bisa bervariasi hingga 9.400, namun 95% produk yang memiliki istilah "rekomendasi" tadi setidaknya justru memiliki satu bahan yang akan menyebabkan kulit Anda alergi, seperti dilansir dari theguardian.co.uk, Jumat (3/11/2017).

Pelembap hypoallergenic mengandung 83% zat alergen yang terdaftar pada North American Contact Dermatitis Group (NACDG). Ini merupakan bahan penyebab alergi potensial yang paling umum, campuran wewangian dengan paraben atau pengawet.

Memasuki musim dingin, banyak orang mengaku memiliki kulit yang sensitif dan tidak bisa menggunakan pelembap dengan tekstur krim, karena kulit akan menjadi merah. Para ahli dermatologi menyarankan untuk menggunakan pelembap yang bebas dari bahan aditif, wewangian, dan parfum.

 

2 dari 2 halaman

Jenis-Jenis Pelembap

Sayangnya, dari semua pelembap yang bebas wewangian, sekitar 45% nya memiliki bahan yang merupakan wewangian reaktor silang dan bisa mengiritasi kulit Anda. Hal yang lebih mengejutkan lagi adalah pelembap dengan label "alami" justru memiliki jumlah tertinggi dari bahan alergen.

Pelambap bekerja dengan cara menghidrasi kulit dan menjaga penghalang epidermal atau lapisan terluar dari kulit untuk menyembuhkan dan melindungi kulit agar tidak rapuh dan mudah pecah. Istilah "rekomendasi" dan "hypoallergenic" adalah alat pemasaran yang tidak memiliki pengawasan atau pembuktiannya.

Masih banyak pelembap alami yang sangat terjangkau, seperti minyak kelapa atau shea butter murni, keduanya tidak memiliki alergen. Produk lotion biasanya juga mengandung air, membuatnya menyerap cepat ke dalam kulit.

Pilihlah segala macam pelembap tanpa aroma dan beberapa bahan tertentu dan pastikan bahwa pelembap wajah dan tubuh Anda berbeda. Sebenarnya adalah satu pelembap yang paling banyak direkomendasikan oleh dermatologis, yaitu petroleum jelly, walaupun teksturnya sangat berminyak, namun sangat baik untuk melindungi kulit Anda. 

Loading