Sukses

Cara Alami Hilangkan Flek Hitam pada Wajah

Liputan6.com, Jakarta Bintik-bintik hitam atau flek hitam merupakan masalah kulit yang umum yang terjadi saat mulai memasuki usia dewasa. Hal ini terjadi karena kulit wajah mengalami hiperpigmentasi atau terjadi penggelapan pada daerah kulit atau kuku yang disebabkan oleh peningkatan produksi melanin.

Ada banyak penyebab timbulnya masalah flek hitam, salah satu yang paling umum adalah terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Untuk itu Anda perlu merawatnya secara rutin agar flek hitam segera menghilang. Anda pun dapat mencoba perawatan wajah alami yang bisa diterapkan di rumah, seperti yang dikutip dari laman Boldsky, Kamis (4/5/2017) berikut ini. 

 1. Masker lemon dan baking soda
Ambil baking soda secukupnya dan tambahkan dengan secangkir jus lemon. Campurkan semua bahan dan terapkan pada wajah, terutama di bagian yang memiliki flek hitam. Tunggu beberapa waktu dan bilas dengan air dingin. Gunakan masker ini minimal dua minggu sekali untuk hasil yang optimal. 

2. Pepaya

Pepaya dapat membantu meringankan kulit serta mengobati flek hitam pada wajah. Ambil satu potongan sedang buah pepaya dan ambil ekstrak jusnya. Olesi pada seluruh wajah yang berbintik hitam, diamkan selama 10 menit sebelum dibilas hingga bersih. 

3. Nanas
Menggunakan jus nanas adalah salah satu cara efektif yang dapat membantu mengobati bintik hitam pada wajah. Karena jumlah Vitamin C yang terkandung di dalam jus nanas dapat membantu menghilangkan bintik-bintik gelap dan juga membuat kulit tampak lebih bercahaya.

4. Masker Mangga
Karena jumlah protein dan antioksidan yang tinggi ditemukan di dalam Mangga, buah yang satu ini mampu membantu menghilangkan jerawat dan flek hitam pada wajah. Haluskan satu buah mangga dan oleskan pada seluruh wajah sambil dipijat lembut selama 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

5. Bubur Tomat

Menggunakan masker tomat dan minyak zaitun dapat mengatasi flek hitam pada wajah dan juga mencegah penyumbatan pori-pori. Haluskan satu buah tomat, lalu tambahkan dengan satu sendok lemon dan satu sendok minyak zaitun. Campurkan semua bahan hingga rata dan oleskan pada wajah. Pijat lembut pada bagian flek hitam dan bilaslah dengan air.

6. Masker kayu manis dan yogurt
Kayu manis dan yogurt memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang dipercaya dapat membantu mengobati jerawat dan flek hitam di wajah. Ambil beberapa sendok bubuk kayu manis dan tambahkan dengan yogurt. Campurkan bahan dan terapkan pada wajah. Setelah itu bilaslah dengan air hingga bersih.

7. Bawang dan jus lemon
Bawang dan jus lemon juga dapat membantu mengobati flek hitam dan noda bekas jerawat yang mengganggu. Giling beberapa siung bawang sampai halus. Lalu, tambahkan jus lemon ke dalamnya. Campurkan jus dan terapkan pada wajah secara merata. Kemudian, bilas dengan air.

Ine Yulita Sari