Sukses

3 Tips Perawatan untuk Menjaga Keindahan Rambut Ikal Anda

Anda pemilik rambut ikal? Simak tips perawatannya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Jika ingin tekstur ikal rambut Anda tetap cantik, perhatikan cara keramas yang tepat untuk mempertahankan tekstur rambut Anda seperti yang dilansir oleh Stylecaster.com pada Selasa (15/11/2016). Rambut ikal perlu perawatan yang tepat agar teksturnya tetap cantik dan tak buyar berantakan. Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan saat keramas.

1. Baca label sampo
Rambut ikal tak bisa menggunakan sampo yang sama seperti jenis rambut lainnya. Mengapa? Rambut ikal secara alami termasuk rambut yang kering karena minyak di kepala atau sebum sulit mencapai semua bagian rambut karena teksturnya yang berbelok-belok.

Untuk rambut jenis ini yang paling tepat adalah sampo bebas sulfat (sulphate free) . Sulfat di label sampo biasanya ditulis sebagai sodium lauryl sulfate, dan bahan tersebut sering digunakan di sampo, sabun, body wash untuk memberikan busa. Jika digunakan di rambut ikal maka akan membuatnya makin kering, bahkan tekstur ikalnya cenderung menjadi berantakan.

2. Cermati urutan sulfat di label sampo
Hindari pakai sampo yang di mengandung sulfat dalam 3 urutan pertama kandungan di sampo tersebut. Tiga bahan pertama yang ada di label adalah bahan yang paling banyak dipakai di sampo tersebut. Jika bahan sulfat ada di urutan ke sepuluh maka sampo tersebut takkan terlalu membuat rambut kering, namun sebaiknya tetap dihindari jika bisa.

3. Keramas hanya di akar rambut saja
Jika tak bisa menemukan sampo bebas sulfat, maka gunakan sampo biasa tapi hanya di akar rambut saja. Gosok-gosokkan di akar rambut, lalau bilas dengan air. Saat dibilas, sampo yang di akar akan mengalir ke batang dan ujung rambut dan membersihkannya, namun takkan terlalu membuat batang dan ujung rambut kering karena Anda hanya menggosokkannya di akar.

Jangan lupa untuk segera mengaplikasikan kondisioner. Sebagai patokan, semakin kering rambut ikal Anda, maka semakin banyak kondisioner yang harus digunakan. Tapi jika rambut ikal Anda tipis, maka gunakan sesedikit mungkin dan hindari kondisioner tanpa bilas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.