Sukses

Melihat Gagahnya Seragam TNI dan Tentara di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Tentara Nasional Indonesia (TNI) sedang memperingati hari jadinya yang ke-71. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, HUT TNI tahun ini kental dengan kesederhanaan. Tidak banyak pertunjukan megah yang biasa ditampilkan untuk memeriahkan hari jadi tentara. Namun upacara HUT TNI tetap dilakukan tepat pukul 07.10 WIB dan dipimpin oleh komandan upacara Kolonel Kes Irfan Bachtiar.

TNI ini berbaris gagah mengenakan seragam kebanggaan mereka. Seragam dengan motif loreng khas tentara ini dilengkapi dengan baret yang warna menyesuaikan pangkat TNI tersebut. Motif loreng dengan paduan warna hijau, hitam, dan cokelat tua membuat anggota TNI ini semakin gagah.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo saat melakukan inspeksi pasukan Upacara Alih Kodal PPRC TNI TA 2016-2018 di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (3/3/2016). Serah tugas dari Pangdiv II Kostrad ke Pangdiv I Kostrad. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pada bagian bahu seragam biasanya juga disematkan bintang pertanda jabatan TNI. Perangkat lainnya juga tersemat gagah di bagian dada mereka. Sepatu khusus berwarna hitam menambah perkasa penampilan pahlawan yang berjuang menjaga kedaulatan NKRI ini.

Pada kondisi tertentu seragam ini juga semakin gagah dengan senjata yang menggantung di pinggang masing-masing anggota TNI. TNI memang identik dengan kuat dan perkasa, begitu juga dengan seragam mereka yang menggambarkan tampilannya yang gagah.

Selain seragam tentara di Indonesia, Liputan6.com juga merangkum beberapa potret seragam tentara terbaik lainnya di dunia dalam rangka peringatan HUT ke 71 TNI yang jatuh tepat pada hari ini, Rabu (5/10/2016).

1. Korea Selatan

Melihat Gagahnya Seragam TNI Indonesia dan Tentara di Dunia

Korea dahulunya merupakan negara kerajaan yang memiliki tentara perang yang tangguh. Seragam tentara pada masa dinasti Joseon ini bernama Gugunbok yang terdiri dari Dongdali yaitu jubah dengan lengan merah dan kerah yang dalam. Seragam ini juga dilengkapi dengan selempang bernama Jeondae dan topi Jeonrip.

2. Rusia

Melihat Gagahnya Seragam TNI Indonesia dan Tentara di Dunia

Seragam tentara Rusia pada saat Perang Dunia II juga tidak kalah menarik. Seragam ini bernama Gymnasterka, berbentuk tunik dengan kerah. Warna yang digunakan seragam ini adalah warna hijau, seperti warna tentara pada umumnya. Seragam ini juga memiliki topi dengan warna senada.

3. India

Melihat Gagahnya Seragam TNI Indonesia dan Tentara di Dunia

Karena pernah dijajah oleh Inggris, seragam tentara India tidak heran bergaya modern khas Inggris. Seragam ini terdiri dari celana panjang dan kemeja dengan warna hijau lumut. Sama halnya dengan seragam TNI di Indonesia, tentara India juga membedakan warna turban, topi dan ikat pinggang berdasarkan jabatan dan status tugas dari anggota tentara.