Sukses

Kenali Jerawat Batu dan Cara Mengatasinya

Jerawat batu merupakan jerawat yang paling menjengkelkan karena sulit disembuhkan, tetapi ada cara mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat batu merupakan salah satu jerawat yang paling menjengkelkan karena ukurannya yang besar dan sulit untuk disembuhkan. Namun, dengan mengetahui cara mengatasinya, jerawat baru pun bisa lebih cepat dihilangkan.

Dermatologis dr Eddy Karta mengatakan, jerawat batu terjadi karena kelenjar minyak di dalam kulit tersumbat. Kotoran yang menyumbat pori-pori membuat minyak tidak dapat keluar.

"Saat minyak tidak bisa keluar, ada rongga di dalam yang menjadi tempat sempurna bagi bakteri penyebab jerawat untuk berkembang," kata Eddy di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pengananannya jerawat batu pun perlu menyasar pada bakteri penyebab jerawat. Misalnya dengan antiseptik karena jerawat sebenarnya disebabkan bakteri yang terperangkap.

"Bakteri penyebab jerawat bersifat anaerob sehingga tidak suka oksigen. Rongga ini memang tidak beroksigen. Jadi harus dibunuh bakterinya," jelasnya.

Penggunaan antiseptik mencegah bakteri supaya tidak berkembang biak. Antiseptik bisa berupa produk-produk yang mengandung senyawa aktif itu. Bisa juga menggunakan bahan-bahan alami yang bersifat antibakteri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini