Sukses

Tas Branded Asli atau Palsu? Ketahui Perbedaannya

Agar tidak tertipu dengan tas bermerek yang palsu, cari tahu caranya disini.

Liputan6.com, Jakarta Belanja tas selalu menjadi hal yang menyenangkan bagi para wanita. Apalagi ketika berbelanja tas branded, rasanya menyenangkan dapat membeli sesuatu yang berharga dan terlihat berkelas. Tapi tak sedikit toko tas, baik gerai maupun online yang menjual tas palsu.

Ada yang memang mengaku menjual tas 'aspal', namun ada yang mengaku tas-tas tersebut asli, namun ternyata palsu.
Agar hasil kerja keras Anda tidak terbuang sia-sia karena tertipu oleh penjual tas, cermati dengan memerhatikan beberapa hal berikut yang dilansir dari Dailymail.co.uk, Rabu (30/3/2016).

1. Telusuri tas dengan tangan Anda sendiri
Kini tas bermerek tak hanya bisa Anda beli di toko resmi. Banyak penjual tidak resmi yang menjual dengan harga sedikit lebih murah. Ada baiknya, ketika Anda ingin berbelanja di toko-toko tersebut, pegang langsung tas yang Anda inginkan. Jika Anda melihat barang tersebut online, cari tahu lokasi penjual untuk dapat melihat barang secara langsung. Dari tekstur kulitnya, bagaimana bentuk dan warna perangkat logam, serta dimana dan bagaimana logo ditempatkan.

2. Teliti perangkat logam dan bagian dalam tas
Perbedaan tas asli atau palsu dapat juga dilihat dari kedua hal tersebut. Lihat pada bagian ritsleting, gesper dan pengait di tas. Jika bagian besi tidak terlihat baru, bisa jadi itu tas palsu. Begitu juga dengan bagian dalam, banyak dari tas palsu yang terlihat asli di luar, namun pada bagian dalam tidak sama. Biasanya, banyak tas mahal yang menggunakan bahan bermotif logo mereka untuk interior dalam tas.

3. Perhatikan bagian jahitan
Tiap sisi dan lipatan tas desainer ternama pasti dijahit dengan benang yang rapi dan kuat. Sangat jarang menggunakan lem, apalagi terlihat tidak rapi dan terdapat bekas lem.

4. Jangan terburu-buru
Jika Anda ingin membeli tas branded, jangan terburu-buru memutuskan. Ambil waktu untuk meneliti keadaan tas dan kemungkinan jika Anda ditipu. Cek ke bank untuk menanyakan apakah Anda dapat membuat klaim penipuan terhadap suatu barang. Jika Anda melihat di toko online, cek kembali satu atau dua minggu kemudian apakah website tersebut masih ada atau tidak. Selain itu, cari tahu ulasan toko online tersebut di forum-forum online.

5. Beli di toko terpercaya
Walaupun biasanya banyak toko yang lebih murah, namun jatuhkan pilihan Anda yang sudah memiliki reputasi dan ulasan terpercaya. Toko yang sudah memiliki reputasi bagus biasanya memiliki tim legal yang memeriksa setiap pemasok barang yang bekerja sama dengan mereka, untuk memastikan barang yang dijual asli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini