Sukses

Alasan Menarik di Balik Posisi Kancing Kemeja Pria dan Wanita

Liputan6.com, Jakarta Pakaian androgini atau pakaian yang tidak berpihak pada gender telah lama menjadi tren. Namun faktanya, hingga kini sebagian besar pakaian wanita dan pria tidak bisa disamakan.

Salah satu produk fesyen yang sangat membedakan wanita dan pria adalah kemeja. Produk sederhana ini memiliki aturan yang membedakan pria dan wanita: letak kancing pada kemeja wanita berada di kiri dan pada kemeja pria di kanan.

Apa alasannya?

Seperti dikutip dari situs Boldsky.com pada Rabu (7/10/15), perbedaan kemeja pria dan wanita ini kemungkinan berasal dari Era Victoria, di mana wanita masih berpakaian dengan gaun yang sangat besar. Hal itu membuat hampir tidak mungkin mereka memakai pakaian sendirian. Dengan kata lain, mereka harus dibantu asisten yang lebih mudah bila kancing dipasang di sebelah kiri.

Berbeda dengan pakaian wanita yang lebih repot untuk dipakai, pakaian pria justru jauh lebih simple. Maka mereka cenderung untuk lebih mandiri dalam memakai pakaian. Itulah sebabnya, kancing mereka berada di sebelah kanan.

(Uno/Nad)