Sukses

Akankah Kebaya Kutu Baru Iriana Jokowi Jadi Booming?

Liputan6.com, Jakarta Iriana Jokowi memakai kebaya kutu baru berwarna oranye ketika menghadiri pelantikan suaminya, Joko Widodo, sebagai Presiden Indonesia ke-7. Memakai kebaya kutu baru, kebaya bergaya tunik pendek berwarna-warni dengan motif bunga yang cantik, Iriana menjadi sorotan para juru kamera.

Kebaya kutu baru, merupakan kebaya klasik khas ibu Jawa di era beberapa puluh sampai ratusan tahun lalu. Model kebaya kutu baru ini memiliki khas pada bagian tengah depan, yaitu adanya tambahan kain yang menjadi penghubung antara bagian kiri dan kanannya. Kain yang digunakan juga cenderung polos atau bercorak bunga.

Biasanya, pada bagian bawah di antara kebaya dan kain digunakan selendang jumputan (selendang dengan motif bintik-bintik seperti dicubit) yang juga menjadi penghubung. Beberapa ada yang menyembunyikan selendang jumputan dengan tambahan kain penghubung tersebut, beberapa juga sengaja menunjukkan selendang jumputannya. Berikut ulasan lifestyle.liputan6.com tentang kebaya kutu baru, Selasa (21/10/2014):

2 dari 5 halaman

1. Tabrak Warna dan Corak

Kebaya kutu baru khas dengan warna-warna yang tidak sewarna. Bahkan, corak pada kebaya kutu baru, selendang jumputan, dan kain batik sebagai bawahan sering kali saling bertabrakan. Kesan ramai memang sering kali menjadi kesan orang yang memakai kebaya ini.

3 dari 5 halaman

2. Brokat

Kesan jadul (zaman dahulu) yang terpancar ketika mengenai kebaya kutu baru ini ternyata cukup banyak diminati pada zaman ini. Menarik, kebaya kutu baru menjadi semacam eksperimen bagi para desainer. Kebaya kutu baru diberikan brokat yang ada di tiap bagian.

Kebaya kutu baru juga bisa dipercantik dengan tambahan brokat pada bagian kerah. Semakin apik ketika kebaya kutu baru ini digabung dengan selendan jumputan dan kain batik parang sebagai bawahan.

4 dari 5 halaman

3. Model baru

Tak hanya itu, sudah banyak juga masyarakat yang membuat kebaya kutu baru lebih modern. Kebaya kutu baru bisa dimodifikasi seperti kimono dengan meletakkan selendang jumputan di luar, bukan di dalam. Kebaya kutu baru ternyata terlihat cantik jika dikenakan dengan rok pendek. Sedikit menambahkan brokat pada sisi kebaya juga menjadi salah cara membuat kebaya kutu baru menjadi cantik.

5 dari 5 halaman

4. Sebagai Luaran

Ingin terlihat modern nan anggun ketika mengenakan kebaya ini? Salah satu caranya dengan menjadikan kebaya kutu baru ini sebagai luaran layaknya kardigan. Selain terlihat modis, dipadukan dengan jeans dan tank top sebagai dalam, ternyata kebaya kutu baru bisa membantu memberikan kesan anggun layaknya ibu-ibu Jawa zaman dahulu ketika dikenakan. (Jazaul Aufa/Igw).