Sukses

Orang Dewasa dengan ADHD Berisiko 3 Kali Lebih Tinggi Alami Demensia dan Alzheimer

Orang dewasa yang didiagnosis dengan ADHD menghadapi kemungkinan terkena demensia hampir tiga kali lebih tinggi dibandingkan orang dewasa tanpa ADHD, menurut sebuah studi observasional baru.

Liputan6.com, Jakarta - Orang dewasa yang didiagnosis dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif atau ADHD menghadapi kemungkinan terkena demensia hampir tiga kali lebih tinggi dibandingkan orang dewasa tanpa ADHD, menurut sebuah studi observasional.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA Network Open tahun 2023, para peneliti menemukan bahwa ADHD pada orang dewasa dikaitkan dengan peningkatan risiko demensia sebesar 2,77 kali lipat, termasuk penyakit Alzheimer.

Para penulis studi menekankan bahwa ini adalah studi observasional yang menunjukkan hubungan, namun tidak membuktikan bahwa ADHD menyebabkan demensia.

Dilansir dari Everyday Health pada 3 Juni 2024, ADHD adalah salah satu gangguan perkembangan saraf yang paling umum pada masa kanak-kanak, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Di antara penderita ADHD yang didiagnosis pada masa kanak-kanak, diperkirakan antara setengah dan dua pertiganya akan terus mengalami gejala hingga dewasa, menurut tinjauan Journal of Health Service Psychology.

"ADHD adalah kondisi kronis yang menyebar. Kami berasumsi bahwa karena adanya gangguan otak pada ADHD, di usia tua ini akan muncul sebagai rendahnya ketahanan otak dan kognitif, serta meningkatkan risiko demensia," kata Michal Schnaider Beeri, PhD, direktur Pusat Penelitian Alzheimer Herbert dan Jacqueline Krieger Klein di Rutgers Brain Health Institute.

Maka dari itu, orang dewasa yang memiliki ADHD harus memberi tahu dokter tentang kondisi mereka dan memperhatikan setiap perubahan kognitif yang terjadi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Potensi Penurunan Risiko Demensia dengan Obat ADHD

Risiko demensia pada populasi orang dewasa ini mungkin dapat diturunkan dengan mengonsumsi obat ADHD yang umum, seperti Ritalin, Concerta, dan Adderall, catat para peneliti.

Selain itu, penelitian tersebut tidak menemukan peningkatan yang jelas dalam risiko demensia terkait dengan ADHD dewasa di antara mereka yang menerima obat psikostimulan.

Beeri dan rekan-rekannya berpendapat bahwa psikostimulan (seperti Adderall, Ritalin, dan Concerta) dapat menurunkan risiko demensia karena telah terbukti mengubah lintasan kerusakan kognitif, seperti yang telah disarankan dalam penelitian sebelumnya.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Pentingnya Uji Klinis Lebih Lanjut

Namun, para peneliti ingin melihat uji klinis untuk mengeksplorasi lebih lanjut bagaimana obat-obatan ini dapat mempengaruhi risiko demensia.

“Obat-obatan ini dapat mendukung kemampuan seseorang untuk mengkompensasi (efek kognitif dari gangguan tersebut),” kata Joel Salinas, MD, asisten profesor neurologi klinis di NYU Langone Health dan kepala petugas medis di Isaac Health.

“Menurut saya, setidaknya penelitian ini menunjukkan bahwa risiko orang yang menggunakan obat-obatan ini tidak meningkat secara dramatis," ujar Salinas, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut, seraya memperingatkan agar tidak salah menafsirkan temuan ini.

“Saya tidak ingin seseorang meninggalkan kesan bahwa jika mereka mengidap ADHD, maka sangat penting bagi mereka untuk mengonsumsi psikostimulan untuk mengurangi risiko demensia,” katanya.

4 dari 4 halaman

Pendekatan Pengobatan ADHD yang Komprehensif

Salinas lebih lanjut menyarankan bahwa obat-obatan ADHD tertentu dapat meningkatkan risiko kardiovaskular pada beberapa pasien lanjut usia, sehingga mereka perlu menggunakannya dengan hati-hati.

Pasien disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mereka mengenai pengobatan yang efektif. Mungkin lebih dari sekedar obat-obatan dan mencakup intervensi non-pengobatan, seperti psikoterapi.

“ADHD adalah gangguan perkembangan saraf kompleks yang tidak hanya dapat merespons pengobatan, tetapi juga dapat merespons perubahan gaya hidup dan perilaku, pelatihan keterampilan kognitif, dan pendekatan lainnya. Ini adalah kunci untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat," kata Salinas.

Beeri juga menyarankan pasien ADHD untuk bersikap proaktif dan mengingatkan dokter terhadap perubahan kognitif apa pun untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan melakukan intervensi potensial terbaik.

“Semakin dini Anda dapat mendeteksi, mendiagnosis, dan melakukan intervensi, semakin besar dampaknya terhadap kondisi jangka panjang, dan dengan cara ini, pasien dapat lebih terlibat dalam perencanaan aktual seputar kondisi dan kehidupan mereka," kata Salinas. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.