Sukses

Viral Video Promosi SLBN 1 Sleman, Bikin Warganet Kagum akan Potensi Anak-Anak Disabilitas

Video yang dibuat jelang tahun ajaran baru 2024 ini menampilkan kekompakan para murid sekolah luar biasa (SLB) yang antusias mengajak siswa baru agar mendaftar ke sekolah mereka.

Liputan6.com, Jakarta SLB Negeri 1 Sleman viral di media sosial usai membuat konten video promosi untuk menarik minat murid disabilitas yang hendak sekolah.

Video yang dibuat jelang tahun ajaran baru 2024 ini menampilkan kekompakan para murid sekolah luar biasa (SLB) yang antusias mengajak siswa baru agar mendaftar ke sekolah mereka.

“Kelebihan sekolah di SLB Negeri 1 Sleman,” kata Aprilio, salah satu siswa yang menjadi host dalam video tersebut.

Siswa laki-laki berseragam biru terang itu pun menunjukkan apa saja kelebihan yang dimiliki sekolahnya. Hal pertama yang ia kemukakan adalah biaya pendidikan gratis.

“Biaya pendidikan gratis,” ujarnya sambil mengibaskan uang kertas bersama dua temannya.

Selain itu, SLB tersebut juga dikatakan memiliki berbagai layanan untuk berbagai jurusan. Mulai dari Jurusan Tunagrahita, Jurusan Tunarungu, Jurusan Tunanetra, Jurusan Tunadaksa, Jurusan Autis, hingga Pembimbingan Prestasi.

Setiap mengenalkan satu jurusan, ditampilkan para murid yang mengenyam pendidikan di jurusan tersebut. Misalnya di Jurusan Tunarungu, para murid mengajak penonton untuk mendaftar dengan menggunakan bahasa isyarat.

“Ayo daftar di sini,” tutur para siswa dengan bahasa isyarat.

Tak hanya itu, sekolah luar biasa ini juga menyediakan asrama gratis bagi peserta didik putra. Dalam video diperlihatkan bahwa asrama tersebut memiliki kasur tingkat dengan keadaan rapi dan bersih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berbagai Pendidikan Vokasi

Video berlanjut dengan menunjukkan ketersediaan kelas vokasi bagi peserta didik agar memiliki keterampilan.

Pendidikan vokasi yang disediakan termasuk vokasi membatik, vokasi jahit, vokasi pertanian, vokasi kriya kayu, vokasi otomotif, vokasi tata graha (laundry), vokasi tata boga.

Tak henti di situ, ada pula layanan kesehatan seperti pemeriksaan gigi, pemeriksaan kesehatan, dan fisioterapi.

3 dari 4 halaman

Bikin Kagum Warganet

Video promosi kreatif ini pun mendapat tanggapan positif dari warganet. Hingga Sabtu, 25 Mei 2024, video yang diunggah di akun TikTok @slbn1sleman sudah ditonton 9,8 juta kali, 913,3 suka, dan 23,8 komentar.

“Kenapa ya anak spesial itu pintarrrr bangetttt,” kata warganet.

“Lucu banget, kelihatan super excited ngenalin sekolahnya,” kata warganet lain.

Di antara warganet, ada pula yang memuji kecakapan Aprilio dalam menyampaikan informasi lewat video.

“Keren banget public speaking-nya.”

“Yang ngomong itu anaknya kakak sepupuku, dia emang pinter banget selalu ikut lomba-lomba gitu.”

“Iya kak, itu Aprilio, juara 1 lomba bercerita tingkat provinsi DIY dan mewakili ke nasional,” jelas admin @slbn1sleman.

4 dari 4 halaman

Tunjukkan Bahwa Anak Disabilitas Miliki Banyak Potensi

Viralnya video promosi ini sekaligus cara untuk menunjukkan bahwa anak-anak yang menyandang disabilitas juga mampu berkembang dan memiliki banyak potensi.

“Semoga dengan banyaknya atensi pada video sebelumnya, masyarakat umum bisa tahu bahwa anak difabel memiliki banyak potensi. Dan para orangtua dari anak difabel serta anak difabel itu sendiri selalu bersemangat dengan banyaknya respons positif dari masyarakat sehingga semakin semangat dalam mengasah potensinya,” kata admin Instagram SLBN 1 Sleman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.