Sukses

Deliver Possibilities, Pemberdayaan 100 UMKM Penyandang Disabilitas Lewat Pelatihan Entepreneurship

Program yang diinisiasi oleh perusahaan logistik J&T Express dan didukung oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KEMENKOPUKM) itu memberikan wawasan terkait dunia kewirausahaan dan tantangan yang dihadapi dalam mengelola bisnis UMKM, khususnya bagi penyandang disabilitas.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 100 peserta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) milik penyandang disabilitas mengikuti program pelatihan Entrepreneurship bertema "Deliver Possibilities" pada 30 Oktober hingga 4 November 2023. Sementara sesi penjurian untuk menentukan 10 besar dilaksanakan pada 13-14 November 2023.

Program yang diinisiasi oleh perusahaan logistik J&T Express dan didukung oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KEMENKOPUKM) itu memberikan wawasan terkait dunia kewirausahaan dan tantangan yang dihadapi dalam mengelola bisnis UMKM.

Ada tujuh tema yang menjadi fokus utama acara ini yaitu Product Marketing, Tech Adoption, Konten & Desain Virtual, Digital Advertisement, Maximizing Marketing Feature, Logistik Dasar & Cash Flow Management.

Setiap peserta menjalani ujian atau post-test untuk setiap materi yang telah disampaikan, sambil diwajibkan menyusun proposal rencana bisnis yang akan dinilai oleh panel juri. Pada sesi penjurian pertama, 20 peserta dengan skor post test tertinggi diuji lebih lanjut dengan pertanyaan mendalam dari para juri terkait proposal bisnis mereka. Pada hari kedua penjurian, telah dipilih 10 besar yang akan mempresentasikan rencana bisnis yang mereka miliki.

Dalam sesi penjurian kedua, menjadi penentuan peringkat yang akan menerima total hadiah senilai Rp150 juta dari J&T Express dalam bentuk pengadaan barang yang mendukung kelangsungan UMKM. Hadiah ini yang kemudian diberikan kepada 10 peserta terbaik untuk membantu pengembangan dan keberlangsungan usaha para penyandang disabilitas.

"Dukungan penuh dari J&T Express dan KEMENKOPUKM sangat membantu kami dalam menyelenggarakan program ini. Kami berharap program ini memberikan kontribusi nyata bagi peserta dalam memajukan bisnis mereka di dunia kewirausahaan," ujar Yesaya Rapha selaku Project Manager dari Menembus Batas melalui siaran persnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apresiasi Peserta

Salah satu peserta dari urutan 3 besar, Sandy Anderson menyampaikan apresiasinya. "Tentunya perjuangan kita sampai saat ini sangatlah luar biasa hingga mencapai 10 besar. Saya sangat mengapresiasi kepada teman-teman dari Menembus Batas yang telah mendukung kami sejak hari pertama, kepada para trainer yang telah memberikan ilmu dan wawasan serta kepada dewan juri yang telah memberikan kritik & saran yang membangun. Tentunya rasa apresiasi khusus kepada J&T Express yang telah peduli kepada kaum disabilitas dan memberikan motivasi kepada kami, karena yang kami butuhkan bukanlah belas kasihan melainkan support dan dukungan yang nyata.”

Selain itu salah satu perwakilan dari 5 besar, Sugeng Paijo turut memberikan semangat dan motivasi “Mudah-mudahan program ini dapat menjadi motivasi dan membangkitkan ambisi baru bagi teman-teman difabel lainnya. Ada beberapa bagian dalam hidup ini yang tidak bisa kita lakukan, dan ada juga bagian dari orang lain yang tidak bisa mereka (non disabilitas) lakukan, tetapi kami bisa lakukan. Orang-orang seperti kami (difabel) pantas mendapatkan penghargaan, dan penghargaan yang utama adalah berasal dari diri kita sendiri.”

 

3 dari 3 halaman

Dukungan Pendanaan

Program Deliver Possibilities berhasil menemukan ragam usaha kreatif yang meliputi fashion, kriya, F&B, dan lainnya. Para pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa dukungan pendanaan usaha bagi bisnis mereka.

“Kami mengapresiasi setiap UKM disabilitas yang telah mengikuti program Deliver Possibilities. Kami percaya, setiap UKM memiliki keunggulannya masing-masing sehingga mereka berhasil menjalani proses seleksi hingga di titik akhir ini. Hasil program ini juga menjadi bukti bahwa UKM disabilitas Indonesia berdaya.” ujar Herline Septia selaku Brand Manager J&T Express.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.