Sukses

Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan, Intip Biaya Operasi Lasik untuk Atasi Gangguan Penglihatan

Biaya operasi LASIK tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan, baik BPJS maupun swasta.

Liputan6.com, Jakarta Operasi lasik atau Laser-Assisted in Situ Keratomileusis adalah solusi populer untuk memperbaiki masalah penglihatan seperti miopia (rabun jauh), hipermetropia (rabun dekat) dan astigmatisme (silinder).

Menurut dokter spesialis mata Maria Magdalena Purba, lasik memang dianggap sebagai solusi untuk terbebas dari kacamata sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup.

“Artinya, setelah menjalani prosedur lasik, pasien dapat hidup dengan mudah karena bisa melihat sekitar dengan jelas tanpa bantuan kacamata atau lensa kontak,” kata Maria dalam keterangan pers KMN EyeCare, ditulis Jumat (13/10/2023).

Di sisi lain, perlu diketahui bahwa lasik adalah tindakan medis untuk tujuan kosmetik dan estetik yang termasuk dalam kategori operasi yang tidak esensial. Inilah yang membuat biaya operasi lasik tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan, baik BPJS maupun swasta.

Secara umum, biaya operasi lasik dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti:

  • Lokasi klinik.
  • Reputasi klinik dan dokter.
  • Tingkat keparahan kelainan refraksi.
  • Teknologi laser yang digunakan.

Harga lasik mata di Indonesia berkisar mulai dari 15 juta hingga 25 juta untuk tindakan pada satu mata. Biaya tersebut kemungkinan sudah mencakup konsultasi dokter hingga obat-obatan pasca-operasi. Namun, ada juga yang belum termasuk.

“Dengan mengetahui harga lasik, maka Anda dapat merencanakan keuangan dengan lebih baik sebelum menjalani prosedur lasik,” kata Maria.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Perlu ke Luar Negeri untuk Lasik

Kabar baiknya, saat ini lasik mata dapat dilakukan di Indonesia, tidak harus ke luar negeri.

“Dapat Anda bayangkan kan, berapa biaya operasi lasik mata di luar negeri, misalnya Singapura. Selain mempertimbangkan biaya operasinya, Anda juga harus mengeluarkan biaya transportasi hingga akomodasi selama menjalani prosedur lasik di luar negeri.”

Saat ini, klinik mata di kota besar seperti Jakarta sudah menyediakan layanan operasi lasik. Misalnya di KMN EyeCare. Harga tindakan lasik di sini lebih kurang Rp14.000.000 untuk satu mata.

Sementara itu, biaya pemeriksaan pra lasik berkisar Rp7.000.000 yang sudah termasuk biaya administrasi dan pemeriksaan awal. Jadi, biaya lasik untuk dua mata di klinik ini berkisar Rp35.000.000.

3 dari 4 halaman

Operasi Lasik Tak Memakan Waktu Lama

Prosedur lasik melibatkan penggunaan teknologi laser eksimer untuk mengubah bentuk kornea, yaitu lapisan terluar yang jernih pada bola mata. Kemudian mengoreksi kelainan refraksi yang menyebabkan masalah penglihatan.

Prosedur lasik umumnya berlangsung sangat singkat, biasanya hanya beberapa menit untuk setiap mata.

Waktu yang dihabiskan di ruang operasi sendiri biasanya kurang dari 20 menit secara keseluruhan, tergantung pada berbagai faktor termasuk kompleksitas kasus dan teknik yang digunakan.

Tindakan lasik juga tidak membutuhkan rawat inap sehingga pasien dapat langsung pulang di hari yang sama.

4 dari 4 halaman

Tahap Operasi Lasik

Berikut adalah gambaran umum tentang proses operasi lasik:

Pemeriksaan dan Persiapan

Sebelum prosedur dimulai, pasien akan menjalani pemeriksaan akhir oleh dokter mata untuk memastikan bahwa mata dalam kondisi yang baik untuk operasi. Kemudian, mata akan diberi obat tetes anestesi lokal untuk mencegah rasa sakit atau ketidaknyamanan.

Pembentukan Lapisan pada Kornea (Flap)

Dokter mata akan menggunakan femtosecond laser untuk membentuk flap tipis pada permukaan kornea. Langkah ini biasanya hanya membutuhkan beberapa detik.

Proses Ablasi Laser untuk Membentuk Kembali Kornea

Setelah flap terbentuk, pasien akan diminta untuk melihat ke arah titik fokus. Kemudian excimer laser akan diaplikasikan untuk membentuk permukaan kornea yang baru. Tujuan laser ini untuk menghilangkan kelainan refraksi. Aplikasi laser excimer umumnya memakan waktu beberapa detik saja.

Penutupan Flap

Setelah pengoreksian dengan Excimer Laser selesai, flap kornea akan ditempatkan kembali pada tempatnya. Flap biasanya akan menyatu dan pulih dengan sendirinya tanpa memerlukan jahitan.

Pemulihan Awal

Setelah operasi selesai, pasien mungkin akan diminta untuk beristirahat sejenak di ruang pemulihan. Mata pasien mungkin akan terasa sedikit kering atau terasa seperti ada benda asing di mata, tetapi ini umumnya akan mereda dalam beberapa jam.

Kunjungan Pasca-Operasi

Pasien akan dijadwalkan untuk kunjungan pasca-operasi ke dokter mata pada H+1 dan beberapa hari atau minggu setelah operasi untuk memastikan bahwa mata pulih dengan baik.

“Penting untuk diingat bahwa walaupun prosedur LASIK itu singkat, persiapan pra-operasi dan perawatan pasca-operasi juga penting. Diskusikan dengan dokter mata Anda mengenai semua langkah dan harapan yang terkait dengan prosedur lasik,” pungkas Maria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.