Sukses

Intip 5 Artis Top AS, Korea dan India yang Berani Ngobrol Pakai Bahasa Isyarat

Beberapa selebritas bahkan fasih dengan bahasa isyarat dan menjadi bentuk dukungan bagi mereka yang memiliki gangguan pendengaran.

Liputan6.com, Jakarta Dunia kini menuju masa depan yang lebih inklusif, membuat banyak individu menyadari bahwa disabilitas fisik tidak membatasi impian dan capaian mereka. Beberapa individu sukses telah berperan dalam membuktikan hal itu.

Beberapa selebritas bahkan fasih dengan bahasa isyarat dan menjadi bentuk dukungan bagi mereka yang memiliki gangguan pendengaran.

Dari akting hingga sastra, musik, televisi, olahraga, dan lainnya, penyandang Tuli yang terkenal telah menjadi ikon bukan hanya karena kesuksesan mereka, tetapi juga karena mereka terus menginspirasi orang-orang dengan perjalanan mereka.

Tentang Bahasa Isyarat

Sejarah menjadi saksi banyak pahlawan seperti Helen Keller, salah satu nama paling menonjol dalam kaitannya dengan Bahasa Isyarat Amerika (ASL), adalah orang tunanetra-rungu pertama yang lulus dari perguruan tinggi pada tahun 1904 dan menulis beberapa buku.

William "Dummy" Hoy adalah seorang pemain Bisbol Liga Utama Tuli terkemuka, yang dipuji karena menciptakan isyarat tangan, yang bahkan digunakan para pemain hingga hari ini.

Sementara kisah selebritas Tuli yang terkenal sangat menginspirasi, selebritas non-difabel yang telah belajar bahasa isyarat untuk terhubung dengan penggemarnya juga patut mendapat perhatian khusus.

Dilansir dari Prestige Hongkong, berikut selebritas ternama yang bisa berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Margot Robbie

Bintang Barbie (2023) Margot Robbie berkali-kali memukau penontonnya dengan beragam perannya. Dari berperan sebagai Harley Quinn di The Suicide Squad (2021) hingga berperan sebagai Tonya Harding di I, Tonya (2017), Robbie telah membuktikan kemampuan aktingnya yang cemerlang.

Pada tahun 2023, dia memenangkan penggemarnya dengan bakat tersembunyi lainnya. Klip video dari pemutaran perdana Amsterdam (2022) menjadi viral di X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, di mana aktris tersebut menunjukkan kemampuan bahasa isyaratnya. Saat menandatangani tanda tangan untuk penggemar, dia melihat seseorang memberi isyarat. Aktris itu segera menyerahkan barang-barangnya kepada penangannya dan pergi untuk berbicara dengan penggemar Tuli itu. Video tersebut menangkap Robbie yang mengatakan "Saya tahu itu" dan memberi isyarat pada apa yang tampak seperti "Senang bertemu dengan Anda". Pemirsa bermata elang juga memperhatikan bahwa itu bukan Bahasa Isyarat Amerika.

Meskipun tidak sepenuhnya fasih, bintang nominasi Academy Award itu menunjukkan bahwa dia tahu alfabet isyarat dan kemudian berpose untuk difoto dengan kipas angin. Ini cukup mengejutkan karena Robbie belum pernah berbicara tentang mengetahui bahasa isyarat sebelumnya.

 

3 dari 6 halaman

2. V-BTS (Kim Taehyung)

Kim Taehyung, lebih dikenal sebagai V dari grup pop Korea BTS yang terkenal secara global, telah beberapa kali menang di internet karena mendukung komunitas tuna rungu. Selama pidatonya di "Class of 2020" oleh YouTube, bagi mereka yang lulus di tengah pandemi, V memberi selamat kepada angkatan dan menggunakan Bahasa Isyarat Amerika untuk memberi tepuk tangan. Ini adalah kemenangan besar bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran.

Dalam contoh lain, V memberi isyarat "Butter" dalam gambar yang dipasang band di Weverse saat mempromosikan album 2021 dan lagu hit mereka. Pada tahun 2020, dia mengisyaratkan "bersama" sebagai tanda solidaritas di antara ARMY, selama konser online BangBangCon The Live.

Dia juga menunjukkan bahasa isyarat "Aku mencintaimu" di salah satu siaran langsung di acara ulang tahunnya untuk menunjukkan rasa terima kasih dan cinta kepada orang-orang Tuli yang telah mendukungnya dan BTS.

 

4 dari 6 halaman

3. Harry Styles

Seorang penyanyi, ikon fesyen genderless, pemenang Grammy tiga kali, dan mantan anggota One Direction, Harry Styles tidak perlu diperkenalkan dalam hal menciptakan musik yang menyentuh hati dan konser langsung yang luar biasa.

Sementara penggemar mungkin tahu tentang bakat aktingnya, banyak yang mungkin tidak menyadari bahwa penyanyi "Watermelon Sugar" juga tahu cara menggunakan Bahasa Isyarat Amerika dengan mahir. Pada Penghargaan Grammy 2023, Styles memenangkan Album Terbaik Tahun Ini dan Album Vokal Pop Terbaik untuk Harry's House. Saat berbicara kepada pers di belakang panggung, dia ditemani oleh seorang juru bahasa ASL. Di akhir percakapan, Styles memberi isyarat "terima kasih" padanya dan mendapat banyak pujian karena mengetahui bahasa isyarat.

Saat ini, 41 negara mengakui beberapa bahasa isyarat, banyak di antaranya melayani berbagai diksi dan dialek bahasa. Misalnya, meskipun Inggris dan Amerika Serikat adalah negara berbahasa Inggris, bahasa isyarat Inggris (BSL) sangat berbeda dari ASL.

Itu mengejutkan para penggemar yang tidak tahu tentang bakat ini. Namun, laporan Marie Claire tahun 2020 menyatakan bahwa pelantun "As It Was" itu telah berbagi dengan BBC Radio 1Xtra bahwa dia memanfaatkan masa karantina sebaik-baiknya. Dia mengatakan dia "belajar bahasa Italia dan melakukan beberapa kelas bahasa isyarat".

 

5 dari 6 halaman

4. Jeon So Min

Aktris populer Korea Jeon So-min adalah salah satu selebritas yang tahu bahasa isyarat untuk membuat penggemarnya yang mengalami gangguan pendengaran merasa diikutsertakan dan dicintai.

Dalam satu contoh, pada acara penggemar di Anyang pada tahun 2019, seorang penggemar Tuli mendekatinya untuk memberikan potret yang digambar olehnya. Ketika dia mengetahui bahwa orang tersebut mengalami gangguan pendengaran, dia langsung mengungkapkan rasa terima kasihnya dengan memberi isyarat “terima kasih” dan “Aku cinta kamu” menggunakan bahasa isyarat. Video tersebut memenangkan perhatian di internet saat para penggemar menuangkan cinta mereka untuk gerakan yang tulus.

 

6 dari 6 halaman

5. Amitabh Bachchan

Salah satu selebritas India yang mengetahui bahasa isyarat ada Amitabh Bachchan, juga dikenal sebagai Big B. Pada tahun 2005, ia membintangi film Black karya Sanjay Leela Bhansali bersama dengan Rani Mukerji. Film ini mengisahkan perjalanan katarsis Michelle McNally (Mukerji) yang merupakan seorang tunawicara, tunanetra dan Tuli. Debraj Sahai (Bachchan) datang sebagai gurunya dan mercusuar cahaya dalam kehidupannya yang gelap.

Sebagai bagian dari persiapan mereka untuk peran yang menantang, baik Bachchan dan Mukerji menghabiskan waktu berbulan-bulan belajar bahasa isyarat dari Helen Keller Institute for Deaf & Deafblind, kata sebuah laporan News18. Dia juga mengambil pelajaran Braille dan menonton banyak film dokumenter. Film ini membuatnya mendapatkan Penghargaan Nasional dan Penghargaan Filmfare, di antara penghargaan lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.