Sukses

Kapan Bayi Bisa Menggunakan Alat Bantu Dengar?

Sebagian besar bayi baru lahir diskrining untuk gangguan pendengaran saat lahir. Namun, gangguan pendengaran dapat berkembang seiring pertumbuhan anak, jadi penting untuk mewaspadai tanda-tanda masalah.

Liputan6.com, Jakarta Bayi Anda mungkin mengalami gangguan pendengaran jika ia tidak kaget mendengar suara keras, menoleh untuk melihat suara pada usia 6 bulan, atau mengucapkan kata-kata seperti "mama" dan "papa" pada usia satu tahun.

Sebagian besar bayi baru lahir diskrining untuk gangguan pendengaran saat lahir. Namun, gangguan pendengaran dapat berkembang seiring pertumbuhan anak, jadi penting untuk mewaspadai tanda-tanda masalah. Segera konsultasikan ke dokter jika menemukannya, karena semakin cepat gangguan pendengaran terdeteksi dan diobati, semakin baik bagi perkembangan anak nantinya.

Dilansir dari Baby Center, kehilangan pendengaran adalah salah satu kondisi disabilitas lahir yang paling umum.

Menurut Riskesdas 2018, kejadian bayi lahir Tuli di Indonesia angkanya 1 per 1.000 kelahiran. Artinya ada 1 bayi terlahir Tuli dari 1.000 kelahiran. Namun, alat bantu dengar bisa menjadi alat bantu terbaik. Kapan alat tersebut bisa diterapkan pada bayi, akan dijelaskan berikut ini.

Gangguan Pendengaran pada Bayi

Gangguan pendengaran pada bayi dapat berkisar dari ringan – di mana bayi dapat mendengar beberapa suara tetapi bukan suara lembut – hingga ketidakmampuan untuk mendengar suara apa pun. Bayi yang perlu masuk ke unit perawatan intensif neonatal memiliki risiko gangguan pendengaran yang lebih tinggi.

Ada dua jenis gangguan pendengaran secara umum pada bayi yaitu gangguan pendengaran bawaan atau bayi lahir dengan kondisi tersebut. Dan gangguan pendengaran yang terjadi beberapa saat setelah lahir.

Sebagian besar bayi diperiksa pendengarannya segera setelah lahir. Karena mereka mengandalkan pendengarannya untuk belajar sejak awal, sangat penting untuk mengidentifikasi gangguan pendengaran sejak dini sehingga anak Anda dapat menyesuaikan diri dengan alat bantu dengar atau menerima intervensi lain yang memungkinkan mereka mengembangkan komunikasi lisan.

Waktu terbaik bagi anak-anak dengan gangguan pendengaran untuk menerima bantuan adalah sebelum mereka berusia 6 bulan. Semakin cepat seorang anak dengan masalah pendengaran didiagnosis dan diobati, semakin besar kemungkinan mereka memenuhi tonggak perkembangan untuk komunikasi lisan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tanda-Tanda Gangguan Pendengaran pada Bayi

 

Skrining pendengaran adalah cara awal yang paling penting untuk mengetahui apakah pendengaran bayi terganggu, tetapi orang tua dan pengasuh lainnya juga perlu waspada terhadap tanda-tanda peringatan.

Tanda-tanda gangguan pendengaran dapat berbeda untuk bayi yang berbeda, dan tingkat gangguan pendengaran dapat bervariasi. Dengan sendirinya, tanda-tanda peringatan mungkin tidak menimbulkan kekhawatiran (mungkin bayi Anda tidur sangat nyenyak, misalnya, atau menderita kolik dan tidak akan tenang dengan suara apa pun atau suara yang menenangkan, apa pun yang terjadi). Tetapi Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter jika melihat salah satu dari tanda bahaya ini:

Tanda peringatan: Bayi baru lahir hingga 3 bulan

- Tidak kaget saat menanggapi suara keras yang tiba-tiba

- Tidak menanggapi suara, musik, atau suara

- Tidak bisa ditenangkan oleh suara lembut

- Tidak bergerak atau terbangun karena mendengar suara atau kebisingan sekitar saat tidur di kamar yang sunyi

- Pada usia 2 bulan, tidak membuat suara vokal seperti "ohh"

- Pada usia 2 bulan, tidak menjadi tenang mendengar suara-suara yang dikenalnya

Tanda peringatan: 4 hingga 8 bulan

- Tidak memalingkan kepala atau matanya ke arah suara yang tidak dapat mereka lihat- Tidak mengubah ekspresi saat mendengar suara atau suara keras saat berada di tempat yang sunyi- Sepertinya tidak suka menggoyangkan mainan, membunyikan lonceng, atau memeras pembuat suara- Pada usia 6 bulan, tidak mencoba meniru suara- Belum mulai mengoceh pada diri sendiri atau balik pada orang lain yang berbicara dengan mereka- Tidak menanggapi "tidak" dan perubahan nada suara- Tampaknya mendengar beberapa suara tetapi tidak yang lain- Tampaknya memperhatikan suara getar (yang bisa dirasakan) tetapi bukan yang hanya terdengar

Tanda peringatan: 9 hingga 12 bulan

- Tidak berbelok dengan cepat atau langsung ke arah pembuat suara lembut atau "diam"

- Tidak menanggapi nama mereka

- Tidak memvariasikan nada saat mengoceh

- Tidak mengeluarkan beberapa bunyi konsonan yang berbeda saat mengoceh ( m, p, b, g, dll.)

- Tidak menanggapi musik dengan mendengarkan, memantul, atau bernyanyi bersama

- Pada usia 1 tahun, tidak mengucapkan sepatah kata pun, seperti "dada" dan mama"

- Pada usia 1 tahun, tidak mengucapkan banyak bunyi konsonan yang berbeda pada awal kata seperti b, m, dan d.

- Tidak mengerti kata-kata untuk barang umum (seperti "sepatu"), ekspresi (seperti "bye-bye"), atau perintah (seperti "kemari")

 

3 dari 5 halaman

Jenis Gangguan Pendengaran pada Bayi

Ada beberapa jenis gangguan pendengaran, yang melibatkan masalah dengan berbagai bagian sistem pendengaran. Yang paling umum termasuk:

1. Gangguan pendengaran konduktif

Hal ini disebabkan kelainan struktural di saluran telinga luar atau telinga tengah, atau cairan di telinga tengah yang mencegah suara untuk ditransfer dengan benar. Jenis gangguan pendengaran ini biasanya ringan, dapat bersifat sementara, dan dapat diobati dengan obat-obatan atau pembedahan.

2. Gangguan pendengaran sensorineural

Ini biasanya akibat dari masalah struktural atau kerusakan pada telinga bagian dalam (koklea) atau saraf yang mengirimkan sinyal ke otak. Gangguan pendengaran sensorineural biasanya muncul sejak lahir, dapat diwariskan, dan biasanya permanen.

3. Gangguan pendengaran campuran

Beberapa bayi mengalami gangguan pendengaran konduktif dan sensorineural.

4. Gangguan spektrum neuropati pendengaran

Anak-anak dengan kondisi ini dapat mendengar atau mendeteksi suara dengan telinganya, tetapi ada masalah dengan telinga bagian dalam yang mengirimkan suara ke otak. Telinga dan otak tidak berkoordinasi dengan baik untuk memproses suara secara normal. Ini dapat mempersulit membedakan suara dan memahami ucapan.

 

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Masalah Pendengaran Pada Bayi

Jika bayi Anda lahir dengan gangguan pendengaran atau mengalami masalah karena suatu penyakit, itu mungkin tidak dapat disembuhkan, tetapi ada banyak pilihan untuk membantu mereka mendengar sebanyak mungkin.

Kemungkinan dokter akan menyarankan salah satu dari solusi terbaik saat ini:

- Alat bantu dengar

Bayi sudah bisa dipakaikan alat bantu dengar sejak usia beberapa minggu. Alat bantu dengar untuk bayi adalah perangkat elektronik kecil yang dipasang di belakang telinga yang memperkuat suara. Menyesuaikan bayi dengan alat bantu dengar sejak dini memungkinkan mereka untuk mendengar semua suara ucapan, yang penting untuk perkembangannya.

- Implan koklea

Jika gangguan pendengaran bayi Anda parah atau parah, mereka mungkin menjadi kandidat untuk implan koklea. Ini terdiri dari elektroda yang dimasukkan ke telinga bagian dalam (koklea) dan perangkat eksternal yang mengambil dan memproses suara. Implan berfungsi sebagai pengganti telinga bagian dalam dengan membawa sinyal pendengaran ke otak. Implan dapat membantu banyak anak dengan gangguan pendengaran parah yang tidak dapat memanfaatkan alat bantu dengar. Implan koklea dapat dipasang sejak usia 9 bulan.

- Bone-anchored hearing systems

Perangkat ini mungkin direkomendasikan untuk anak-anak dengan gangguan pendengaran konduktif. Mereka ditempatkan di tulang yang terletak tepat di belakang telinga, yang disebut tulang mastoid, dan ditahan dengan ikat kepala. Suara berjalan melalui tulang ke saraf pendengaran dan kemudian ke otak sehingga bayi Anda dapat mendengar.

- Ear tubes

Ini adalah tabung kecil yang ditempatkan melalui gendang telinga untuk mencegah penumpukan cairan. Ini sering digunakan untuk anak-anak yang masalah pendengarannya disebabkan oleh infeksi telinga yang sering. Anda dapat meminta tes pendengaran dari dokter jika anak Anda sering mengalami infeksi telinga dan cairan telinga tengah kronis. Ini dapat memengaruhi pendengaran anak Anda.

- Obat

Untuk gangguan pendengaran sementara yang disebabkan oleh infeksi telinga, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik, obat tetes telinga, atau obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas.

- Pembedahan

Ini terkadang dapat memperbaiki masalah struktural di telinga luar dan tengah.

- Intervensi bicara dan bahasa

Intervensi ini mengajarkan anak untuk berbicara dan berkomunikasi dengan belajar mendengarkan. Anda menghadiri sesi dengan anak Anda. Ahli intervensi akan membimbing dan melatih Anda untuk memahami tingkat perkembangan bicara dan bahasa anak Anda, dan mengajari Anda strategi untuk membantu anak Anda berkembang melalui aktivitas sehari-hari. Anda adalah guru terbaik anak Anda, dan dapat mengajar anak Anda untuk mendengarkan dan berbicara. Sebagian besar anak tunarungu atau kesulitan mendengar dapat mempelajari komunikasi lisan melalui intervensi dan penggunaan teknologi pendengaran.

- Bahasa isyarat

Ini adalah bahasa manual dengan urutan kata dan tata bahasanya sendiri yang berbeda dari bahasa Inggris. Bahasa diekspresikan oleh gerakan tangan dan wajah. Jika Anda ingin anak Anda berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat dan Anda mendengarkan orang tua, Anda dan anggota keluarga Anda perlu mempelajari bahasa baru ini bersama anak Anda.

 

5 dari 5 halaman

Tips Mencegah Gangguan Pendengaran pada Bayi

Meskipun bayi terkadang mengalami gangguan pendengaran karena faktor genetik atau kondisi yang tidak dapat dihindari, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan risiko dari faktor lain.

Sebelum dan selama kehamilan:

1. Dapatkan pemeriksaan rutin. Pemeriksaan prakonsepsi membantu memastikan Anda sehat sebelum hamil. Setelah hamil, dapatkan perawatan prenatal secara teratur sehingga masalah apa pun dapat dideteksi dan ditangani sejak dini.

2. Lindungi diri Anda dari infeksi. Pastikan vaksinasi Anda mutakhir, sehingga Anda tidak rentan terhadap penyakit yang dapat dicegah. Lakukan pemeriksaan penyakit menular seksual sebelum hamil, dan praktikkan seks aman. Cuci tangan Anda secara teratur.

Setelah bayi Anda lahir:

1. Jangan pernah memasukkan apapun ke dalam liang telinga bayi Anda. Bahkan penyeka berujung kapas dapat menyebabkan kerusakan.

2. Imunisasi bayi Anda terhadap penyakit masa kanak-kanak, karena beberapa di antaranya – seperti gondongan – dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

3. Pantau pilek dan infeksi telinga bayi Anda. Jika bayi Anda menunjukkan tanda-tanda infeksi telinga, bicarakan dengan dokter.

4. Jangan biarkan bayi Anda mendengar suara yang terlalu keras, terutama suara yang terus terdengar. Jika Anda harus meninggikan suara agar terdengar di tengah kebisingan, maka itu terlalu keras. Karpet dan permadani membantu melembutkan kebisingan dalam ruangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.